Bela KAMI, Elite PD: Seranglah Idenya, Bukan Orang atau Lembaganya

Deklarasi KAMI di Lapangan Tugu Proklamasi
Sumber :
  • VIVA/M AlI Wafa

VIVA – Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia (KAMI) direspons barisan pendukung pemerintah. Tak hanya sebagian netizen, tapi juga elite politik pendukung pemerintahan Joko Widodo juga menyindir KAMI sebagai barisan sakit hati yang kalah di Pilpres 2019.

Demokrat Hormati Langkah Megawati Ajukan Amicus Curiae ke MK

Merespons itu, Wakil Sekretaris Jenderal DPP Demokrat Jansen Sitindaon mengkritisi pernyataan politikus PKB Abdul Karding yang menilai deklarasi KAMI dimaknai lanjutan barisan orang kalah di Pilpres 2019.

"Rindu pilpres lagi ya mas? Masak Pilpres yg sudah selesai masih dikait-kaitkan. @prabowo
 yg kalah saja sdh gabung pemerintah jd tak relevan pernyataan ini
," kata Jansen dikutip dari akun Twitternya, @jansen_jsp pada Kamis, 20 Agustus 2020.

Pengamat Ungkap Ganjalan Utama Megawati Gabung dalam Koalisi Prabowo-Gibran

Baca Juga: Debat Panas Kapitra Vs Syahganda Nainggolan soal Deklarasi KAMI

Kata Jansen, lebih baik merespons dengan jawaban dari tuntutan KAMI. Menurut dia, mesti ada adu ide untuk menjawab hal tersebut.

AHY: Enggak Masalah Kursi Demokrat di DPR Turun, yang Penting Prabowo Menang

"Lebih baik jawab saja tuntutan mereka itu dibanding terus membusukkan KAMI nya. Seranglah idenya bukan orang atau lembaganya," tambah Jansen.

Pun, ia mengingatkan di cuitan sebelumnya bahwa dalam negara demokrasi, adanya masukan, gagasan itu perlu didengar. Ia menyinggung hal ini karena RI juga memperingati hari konstitusi sehari setelah HUT kemerdekaan RI.

Jansen pun memberikan dukungan terhadap teman dan senior politikus yang tergabung dalam KAMI.

"Semua pendapat, ide, masukan, gagasan membangun negeri perlu dihargai dan didengar. Apalagi hari ini bertepatan dgn hari Konstitusi. Bagi yg sdg pegang kekuasaan jg tak perlu risau krn pemerintahan inikan lagi kuat²nya. Jd maju terus semua sahabat² dan senior² di KAMI. Liberte!" sebut Jansen.

KAMI dideklarasikan sejumlah tokoh sipil yang kerap kritis dengan pemerintah di Tugu Proklamasi, Jakarta Pusat, pada Selasa, 18 Agustus 2020. Barisan deklarator itu antara lain eks Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsudin, aktivis dan pengamat Syahganda Nainggolan, eks Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, pengamat Rocky Gerung, sampai pakar hukum tata negara Refly Harun.

Terkait deklarasi itu, politikus PKB, Abdul Kadir Karding, menyoroti KAMI yang dibentuk Din Syamsuddin cs. Menurut Karding, gerakan KAMI ini lanjutan dari Pilpres 2019.

Karding melontarkan hal tersebut bukan tanpa sebab. Dia melihat para penggagas KAMI ini mayoritas pendukung dari pasangan calon presiden yang kalah dalam Pilpres 2019 lalu.

"Pendeklarasian KAMI dapat dimaknai sebagai koalisi orang-orang yang kalah dalam Pilpres. Karena kalau melihat daftar nama sebagian besar adalah orang-orang yang kecewa ketika Pilpres terdahulu. Ini artinya lanjutan. Lanjutan karena jagonya kalah," kata Karding kepada wartawan, Selasa 18 Agustus 2020.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya