Dampak Aktivitas Gunung Sinabung, Terjadi ‎Banjir Lahar Dingin di Karo

Aparat gabungan bergotong royong membersihkan material lahar dingin dari Gunung Sinabung di sejumlah desa di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, Kamis, 11 Juli 2019.
Sumber :
  • BPBD Karo

VIVA - Dampak aktivitas Gunung Sinabung, terjadi banjir lahar dingin di aliran sungai di ?Kecamatan Tiganderket, Kabupaten Karo, Sabtu sore, 22 Agustus 2020. Dengan peristiwa bencana alam ini, warga diimbau untuk waspada dan berhati-hati.

TNI AL Kirim Kapal Perang Bantu Evakuasi Korban Erupsi Gunung Ruang

"Lahar dingin masih berlangsung," kata Plt Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Karo, Natanail Peranginangin, kepada VIVA.co.id, Sabtu sore, 22 Agustus 2020.

Baca juga: Erupsi Sinabung, Warga di Hulu Sungai Waspada Bahaya Lahar

Merinding! Jayabaya Ramal Bencana Alam Berupa Banjir dan Gunung Meletus di Mana-mana

Natanail menjelaskan banjir lahar dingin tersebut membawa material kayu dan batu-batu ukuran kecil hingga sedang. Termasuk jalan di Kecamatan ?Tiganderket, Kabupaten Karo, sempat ketutup material karena lahar dingin meluap.

"Koordinasi dengan dengan Dinas Pekerjaan Umm (PU) Kabupetn Karo agar segera menurunkan alat berat untuk menormalisasi jalur transportasi. Tapi, jalur transportasi sudah aman?," kata Natanail.

Menguak 7 Gunung Berapi Bawah Laut di Indonesia

Dengan kejadian lahir dingin ini, Natanail mengatakan pihaknya terus melakukan ?pemantauan kondisi aliran sungai berada di kaki Gunung Sinabung tersebut.

"Kemudian, antisipasi kita menghimbau warga diseputaran aliran sungai agar waspada. Rekomendasi dari Pos Pantau Sinabung kita sampaikan ke warga melalui Pemerintahahan Kecamatan dan melalui relawan-relawan pemantau sungai BPBD Karo," tutur Natanail.

Status Gunung Sinabung level III atau Siaga. BPBD Karo juga mengingatkan masyarakat dan pengunjung atau wisatawan agar tidak melakukan aktivitas pada desa-desa yang sudah direlokasi atau berada di zona merah dari kaki gunung merapi itu.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya