Menteri Perhubungan Klaim Arus Balik Libur Panjang Lancar Jaya

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bersama Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Istiono memantau arus balik libur panjang di sejumlah wilayah dengan menggunakan helikopter pada Minggu, 23 Agustus 2020.
Sumber :
  • VIVA/Mohammad Yudha Prasetya

VIVA – Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi memantau langsung arus balik libur panjang di sejumlah wilayah dengan menggunakan helikopter pada Minggu pagi, 23 Agustus 2020.

Mudik Lebaran 2024 Dinilai Beri Dampak Positif untuk Perekonomian Indonesia

Berdasarkan pantauan dari udara bersama bersama Kepala Korps Lalu Lintas Polri Irjen Istiono, Budi memastikan arus balik libur panjang berjalan lancar jaya dan tanpa ada kendala berarti.

Pemantauan itu dimulai dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, dan berakhir di Pos Cikopo, Jawa Barat. Rombongan kemudian memantau melalui jalur darat dari Pos Cikopo menuju Gerbang Tol Cikampek Utama, Jawa Barat.

Pelita Air Klaim Tak Ada Kendala saat Angkut Penumpang Arus Balik Lebaran 2024

"Arus balik sejauh ini terpantau lancar. Kendaraan yang menuju arah Jakarta dari Jawa Barat dan Jawa Tengah terpantau masih landai," kata Budi.

Baca: Strategi Korlantas Polri Cegah Macet Libur Panjang Tahun Baru Islam

Angka Kecelakaan Menurun Selama Mudik Lebaran, Kapolri dan Anak Buahnya Dapat Apresiasi

Kendaraan yang kembali ke Jakarta, katanya, baru sepertiga dari total yang meninggalkan Ibu Kota saat libur panjang. Karenanya, Budi memastikan akan terus mengamati dan memastikan bahwa malam nanti, sore, atau esok pagi, semua arus balik tetap bisa berjalan dengan lancar.

Istiono juga mengklaim telah bekerja keras untuk mengamankan arus balik. Aparat Polri selalu siap mengawal kebijakan Kementerian Perhubungan yang melarang kendaraan sumbu tiga ke atas untuk melintasi tol mulai dari pukul delapan pagi hari ini hingga pukul delapan pagi besok.

"Kami atur ke jalan arteri untuk kendaraan yang sumbu tiga ke atas. Kemudian, kami mengharapkan pemudik tidak berangkat bersama-sama," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya