Ungkap Penyebab Kebakaran Kejagung, Tim Puslabfor Bawa Abu Arang

Olah TKP kebakaran di Kejaksaan Agung
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Tim gabungan Polri menggelar olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) kebakaran di gedung Kejaksaan Agung (Kejagung). Polisi tampak menelusuri setiap sudut gedung yang sudah hangus terbakar tersebut.

Komjak Soroti Penanganan Kasus Dugaan Korupsi Emas di Kejaksaan

Hadir dalam olah TKP ini di antaranya Kabareskrim Komjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Kapuslabfor Mabes Polri Brigjen Ahmad Haydar, Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Ferdy Sambo, dan Direskrimum Polda Metro Jaya Kombes Pol Tubagus Ade Hidayat.

"Tim Puslabfor Mabes Polri yang dipimpin Kapuslabfor dan Dirtipidum selesai melakukan olah TKP pada pukul 17.15 WIB," ujar Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono saat dikonfirmasi, Senin, 24 Agustus 2020.

Kejagung Bantah Kabar Pembukaan Blokir Rekening Harvey Moeis

Baca juga: 19 Saksi dan Puslabfor Diterjunkan Selidiki Kebakaran Gedung Kejagung

Menurut Argo, tim gabungan yang dikerahkan telah menyisir seluruh bangunan yang terbakar. Mereka memeriksa tiap lantai gedung Kejaksaan Agung yang sudah porak poranda.

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

"Tim telah melakukan penyisiran setiap lantai, mulai dari lantai 1 hingga lantai 6 gedung Kejagung," ucap Argo.

Dari hasil olah TKP tersebut, kata Argo, tim Puslabfor mengambil sampel abu dari reruntuhan gedung yang terbakar. Barang bukti ini kemudian akan diteliti untuk mengungkap penyebab kebakaran.

"Tim mengambil sampel abu arang dari dalam gedung, dan dibawa ke Puslabfor untuk diteliti. Selain itu, tim juga sedang mendalami arah penjalaran api," katanya.

Diberitakan sebelumnya, Kapuslabfor Polri Brigjen Pol Ahmad Haydar mengungkapkan, sebelum dilakukan olah TKP pihaknya melakukan pengecekan dari struktur gedung.

"Pertama kami melakukan pengecekan kontruksi bangunan dulu, apakah layak atau tidak untuk dilakukan pemeriksaan," katanya.

"Kedua, melakukan pengecekan lokasi di TKP kebakaran dan ini masih dalam proses pemeriksaan. Kita juga masih menunggu layout lokasi TKP yang terbakar itu. Semuanya kita periksa," sambungnya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya