Semangat Mau Sidang Etik Heli, Firli Bahuri: Saya Pakai Gaji Saya

Ketua KPK, Firli Bahuri dilantik Presiden Jokowi.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Firli Bahuri menyatakan siap mengikuti sidang etik pada siang ini. Firli sebelumnya diduga telah bergaya hidup mewah dengan menggunakan helikopter carter.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Minta Uang Rp50 Miliar, Apa Kabar Berkas Kasus Pemerasan di Polri?

Firli mengatakan akan memanfaatkan sidang etik ini sebagai ruang bagi dirinya untuk klarifikasi atas apa yang telah ditudingkan terhadapnya selama ini.

"Saya akan hadir karena sidang ini kegiatan yang dilakukan sebagai wujud amanat undang-undang. Mekanisme ini pun merupakan kegiatan untuk klarifikasi dan menjelaskan secara detail objek permasalahannya. Saya sangat menghargai proses ini," kata Firli kepada awak media pada Selasa, 25 Agustus 2020.

Eks Ajudan SYL Ungkap Firli Bahuri Pernah Minta Uang Rp50 Miliar

Firli lebih jauh membantah telah menerapkan gaya hidup mewah sebagaimana aduan yang dilayangkan masyarakat kepada Dewan Pengawas (Dewas) KPK. 

Menurut Firli, penggunaan helikopter alias heli tersebut demi kebutuhan dan kecepatan tugas sebagai pimpinan lembaga antirasuah. Lagipula, kata dia, hal tersebut dilakukan dengan menyewa bukan hasil penerimaan hadiah atau gratifikasi. Biayanya, kata Firli, dari kantong sendiri.

Cerita Ajudan soal Pertemuan Syahrul Yasin Limpo dengan Firli Bahuri di Villa Galaxy Bekasi

"Saya gunakan uang gaji saya untuk mendukung kelancaran dan kemudahan tugas-tugas. Saya sewa dan saya sudah jelaskan kepada Ketua Dewas Pak Tumpak (Hatorangan Panggabean)," tuturnya. (art)

Firli Bahuri saat penuhi panggilan pemeriksaan Dewas KPK, beberapa waktu lalu.

Polisi Mandek Proses Kasus Pemerasan SYL, di Mana Firli Bahuri Sekarang?

Peran Firli Bahuri mulai terkuak dalam kasus dugaan pemerasan terhadap eks Mentan Syahrul Yasin Limpo alias SYL.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024