Jokowi Ingin Jadikan Aceh Pusat Ekonomi Baru di Sumatera

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Presiden Jokowi menginginkan Provinsi Aceh menjadi pusat ekonomi baru di Pulau Sumatera. Dibangunnya tol dan sarana penunjanng lainnya diharapkan kegiatan ekonomi masyarakat meningkat, sekaligus arus barang dan jasa semakin cepat.

Hal itu dikatakan Presiden saat meresmikan jalan Tol Sigli-Banda Aceh alias Sibanceh seksi 4 sepanjang 13,5 kilometer, hari ini. "Kita harapkan Aceh akan menjadi episentrum pertumbuhan ekonomi baru di Pulau Sumatera," kata Jokowi, Selasa 25 Agustus 2020.

Baca juga: Jokowi Resmikan Tol Pertama di Aceh Hari Ini

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Jokowi menyebut, pembangunan tol ini merupakan yang pertama kali ada di Aceh. Bakal ada tol sepanjang 74,1 kilometer menghubungkan provinsi di ujung barat Indonesia ini. Kalau ditotal, sepanjang 2.765 kilometer jalan tol membentang dari Lampung hingga Aceh yang merupakan tol Trans Sumatera dan proyek strategis nasional.

"Dan meningkatkan multiplier effect 2 sampai 3 kali. Ini  luar biasa kalau nanti selesai, InsyaAllah di 2024," ujarnya. Menurut Jokowi, tol atau jalan bebas hambatan bakal berimbas pada pemeretaan ekonomi.Yang paling nyata, kata dia, adalah efisensi waktu tempuh sangat signifikan.

Pada kesempatan itu, Kepala Negara ingin keberadaan tol tersambung sentra pertanian, pariwisata dan kawasan industri. "Jangan lupa, libatkan juga usaha mikro, kecil dan menegah agar mereka juga ikut merasakan kue ekonomi dari infrastruktur yang kita bangun," kata dia.

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Presiden Jokowi juga menyatakan bahwa meski anggaran negara belakangan ini banyak dialihkan ke penanganan COVID-19, pembangunan infrastruktur masih terus berlanjut. Bagi dia, pembangunan infrastruktur juga menjadi salah satu faktor yang bisa mendorong ekonomi nasional saat ini. 

Jokowi pun menyadari bahwa menyambungkan jalan tol Trans Sumatera, dari Lampung hingga Aceh, bukan perkara mudah. Tapi dari pembangunan itu, tidak hanya dilihat dari total anggaran yang dikeluarkan, tapi bagaimana proyek strategis nasional tersebut juga menyerap tenaga kerja. Jokowi juga berharap jalan tol baru itu semakin mendekatkan askes masyarakat ke bandara dan pergerakan orang yang semakin meningkat. (ren)

Hasto PDIP Jawab Tudingan Jadi Penghambat Pertemuan Jokowi-Megawati
Menhub Budi Karya Sumadi.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi resmi menutup Posko Angkutan Lebaran Terpadu Tahun 2024. 242 juta pemudik pun bergerak pada momen tersebut.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024