Peserta BPJS Diberi Gratis Vaksin Corona, Berbayar Bagi yang Mampu

Ilustrasi Vaksin COVID-19
Sumber :
  • U-Report

VIVA – Wakil Ketua Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) Erick Thohir mengatakan untuk vaksin corona (COVID-19), diperkirakan akan terealisasi pada 2021. Untuk vaksin tersebut dapat diperoleh secara gratis bagi para peserta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan atau BPJS kesehatan.

Penyakit Menular Arbovirosis Jadi Ancaman Baru, Menkes Budi: Lakukan 5 Hal Ini untuk Menanganinya

"Vaksin bantuan pemerintah di mana melalui budget APBN dan data BPJS Kesehatan, nanti ada istilahnya vaksin gratis secara massal yang diharapkan di awal tahun depan," kata Erick dalam rapat kerja bersama Komisi IX DPR, Kamis, 27 Agustus 2020.

Baca juga: Ma'ruf Amin Minta Percepat Sertifikasi Halal Vaksin COVID-19

Kata PSSI Usai Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong

Namun, Erick juga menambahkan, bahwa vaksin gratis itu tidak untuk peserta BPJS Kesehatan secara keseluruhan. Sebagian di antaranya akan tetap dikenakan biaya atau melakukan vaksin dengan biaya mandiri.

Hal itu disebabkan karena kemampuan anggaran yang dimiliki oleh negara untuk vaksinasi terbatas. Sehingga tidak semuanya diberikan secara gratis

Resmi, PSSI Perpanjang Kontrak Shin Tae-yong Hingga 2027

"Kami juga mengusulkan bila memungkinkan untuk masyarakat juga bisa membayar vaksin mandiri untuk yang mampu. Jadi memang yang terdata di BPJS kesehatan itu gratis tetapi dengan tingkat daya beli berapa itu harus mandiri," kata Erick.

Terkait kriteria, Erick belum menjelaskan bagaimana masyarakat yang bisa mendapatkan vaksin secara gratis dan bagaimana yang mendapatkan vaksin dengan cara berbayar atau mandiri.

"Kebutuhan APBN yang selama ini kita tahu juga defisit anggaran terus melebar dan kalau dilihat dari data-data ekonominya sendiri pemasukan kepada negara cukup rentan," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya