Beredar Surat Mahfud MD jadi Ad Interim Mendgari, Tito Ke Mana?

Menkopolhukam Mahfud MD didampingi Menag Fachrul Razi dan Mendagri Tito Karnavian usai rapat terbatas di Kantor Kemenko Polhukam, Jakarta, Rabu, 27 November 2019.
Sumber :
  • reporter

VIVA – Jumat 28 Agustus 2020, sebuah surat dengan nomor 821.1/4837/SJ beredar. Isinya, adalah penunjukkan Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Kemanan Mahfud MD sebagai ad interim Menteri Dalam Negeri. Artinya, Mahfud menggantikan Mendagri Tito Karnavian untuk sementara. Sebab dari Hal surat tersebut tertera 'Penunjukan Menteri Dalam Negeri Ad Interim.

Mendagri Tito Karnavian: RUU DKJ Wujud Upayakan Jakarta Jadi Kota Kelas Dunia

Setelah dikonfirmasi, dibenarkan adanya surat tersebut. Namun, surat itu kemudian diketahui ditarik kembali. Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kementerian Dalam Negeri, Benni Irwan membenarkan sempat adanya surat penunjukan tersebut.

"Surat sudah diralat dan dibatalkan. Tadinya dibuat untuk administrasi internal karena Bapak Mendagri (Tito Karnavian) akan tugas keluar kota," kata Benny lewat pesan tertulisnya, Jumat 28 Agustus 2020.

Mendagri: Dewan Kawasan Aglomerasi Bukan Ambil Alih Kewenangan Pemerintahan Daerah

Baca juga: Alasan Polri Tak Tahan Irjen Napoleon yang Jadi Tersangka

Jelas dia, mengingat Mendagri Tito akan melakukan kunjungan ke luar negeri selama sabtu dan minggu, maka harus ada ad interim. Hal itu untuk memudahkan proses administrasi jika ada suatu hal yang mendesak. 

Mendagri Minta Pj Kepala Daerah Penuhi Kebutuhan Anggaran Pilkada 2024

"Tapi karena hari Sabtu dan Minggu tidak ada administrasi surat di Kemendagri, maka tidak diperlukan lagi surat tersebut," tambah Benny.

Karena itu Kemendagri segera meralat dan membatalkan surat dimaksud. Ralat itu juga disebut agar tidak menjadi isu atau informasi yang keliru dalam memaknai surat itu.

Mendagri Tito Karnavian

Sebut Pemilu Hampir Selesai, Tito Karnavian Serukan "Kita Move On"

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian mengingatkan rakyat agar menjaga persatuan, dan tetap hidup rukun menyongsong Hari Raya Idul Fitri 1445 Hijriah.

img_title
VIVA.co.id
10 April 2024