Curhat Megawati, Sulitnya PDIP Taklukkan Sumatera Barat 

Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Fikri Yusuf

VIVA – Ketua Umum PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri masih mempertanyakan kenapa rakyat di Sumatera Barat belum sepenuhnya mempercayakan pilihannya kepada PDI Perjuangan atau calon-calon yang diusung PDIP sebagai alat perjuangan politik di pemilihan umum. 

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

Pernyataan itu disampaikan Megawati, usai mengumumkan rekomendasi bagi calon kepala daerah yang diusung PDIP tahap V di Pilkada Serentak 2020 secara virtual, Rabu, 2 September 2020.

"Kenapa ya? Sepertinya rakyat di Sumatera Barat belum menyukai PDI Perjuangan? Meskipun sudah ada beberapa daerah yang mau, yang minta, sudah ada DPC-nya, sudah ada DPD-nya, tapi kalau untuk mencari pemimpin di daerah tersebut mengapa kok agak sulit," kata Megawati.

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

Baca: Megawati Ungkap Cerita Memilih Jokowi dengan Hati yang Bersih 

Padahal, kata Mega, sejarah bangsa Indonesia menunjukkan banyak orang-orang dari Sumatera Barat yang menjadi kaum nasionalis. Bahu-membahu dan bekerja sama dengan Bung Karno dan Bung Hatta berjuang untuk kemerdekaan Indonesia.

Buka Pendaftaran, Ini Kriteria Calon Wali Kota Malang yang Dicari PKB untuk Pilkada 2024

"Seperti Bung Hatta sebenarnya datang dari Sumatera Barat. Hal-hal seperti ini sebenarnya menjadi tugas kita untuk mempelajari, mengapa ada daerah-daerah yang belum bisa, belum mau rakyatnya mempercayai kepada alat perjuangan partai politik yang namanya PDI Perjuangan," kata Megawati.

Megawati mengingatkan jajarannya agar bekerja keras untuk bisa memenangkan suara rakyat Sumatera Barat. Walaupun saat ini, klaim Megawati, PDI Perjuangan menjadi partai politik yang pertama dan pelopor dibanding partai politik lainnya. 

Seperti diketahui, PDI Perjuangan resmi mengusung kader Partai Demokrat, Mulyadi sebagai calon Gubernur di Pilkada Sumatera Barat 2020. Mulyadi akan berpasangan dengan Ali Mukhni, mantan Ketua DPW PAN Sumatera Barat yang kini menjabat Bupati Padang Pariaman.
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya