Sekjen PDIP Klarifikasi Ucapan Puan Minta Sumbar Dukung Pancasila

Sekjen PDIP Hasto Kristiyanto
Sumber :
  • Youtube PDIP

VIVA – Sekretaris Jenderal PDI Perjuangan Hasto Kristiyanto menjelaskan maksud ucapan Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani saat mengumumkan hasil rekomendasi pasangan bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Barat yang diusung PDIP. Dalam pernyataannya, Puan Maharani meminta agar Sumatera Barat menjadi provinsi yang mendukung Pancasila. 

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

"Jadi maksud Mbak Puan dan seluruh kader partai agar mengingatkan bagaimana Pancasila dibumikan. Tidak hanya di Sumatera Barat, tetapi di Jawa Timur, di Jakarta, di seluruh wilayah Republik Indonesia Pancasila harus dibumikan," kata Hasto usai pengumuman rekomendasi calon kepala daerah yang diusung PDIP tahap V di Pilkada Serentak 2020 secara virtual, Rabu 2 September 2020.

Baca: Curhat Megawati, Sulitnya PDIP Taklukkan Sumatera Barat 

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Kata Hasto, Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri dan putrinya, Puan Maharani, sangat kagum dengan Sumatera Barat. Terutama, ketika cerita tentang keanekaragaman makanannya yang luar biasa. Seperti Rendang, yang memiliki cita rasa tinggi yang sangat khas di Bumi Minang.  

"Tidak heran Rendang diparesiasi sebagai makanan paling enak di dunia. Bahkan Ibu Megawati Soekarnoputri menugaskan Pak Alex Lukman untuk mengumpulkan seluruh resep-resep masakan untuk makanan tersebut," ujarnya.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Hasto menyitir kembali maksud ucapan Puan Maharani soal Pancasila di Sumbar adalah pada pembumian nilai-nilai Pancasila yang menitikberatkan pada aspek kebudayaan, nasionalisme, dan seluruh hal-hal yang menyentuh kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Lebih lanjut, Hasto mengatakan Megawati Soekarnoputri sering menyampaikan bahwa dari Sumatera Barat lahir begitu banyak tokoh-tokoh nasional yang sangat visioner, memiliki tradisi keislaman yang kuat tapi sangat visioner menyerap ilmu-ilmu pengetahuan yang berkemajuan.

"Sumatera Barat harus bangga karena dari Bumi Minang banyak lahir tokoh-tokoh nasional yang kita kenal dan ikut meletakkan dasar-dasar Indonesia yang merdeka," tegasnya.
 

Mendukung Pancasila
Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani saat mengumumkan pasangan cagub-cawagub Sumatera Barat untuk Pilkada 2020, berharap agar Provinsi Sumatera Barat mendukung Pancasila.

"Rekomendasi diberikan kepada Insinyur Mulyadi dan Drs H Ali Mukhni. Merdeka! Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila," kata Puan.

Sementara Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri juga sempat curhat sulitnya PDIP menang di Sumatera Barat. Mega mempertanyakan kenapa rakyat di Sumatera Barat belum sepenuhnya mempercayakan pilihannya kepada PDI Perjuangan atau calon-calon yang diusung PDIP sebagai alat perjuangan politik di pemilihan umum. 

"Kenapa ya? Sepertinya rakyat di Sumatera Barat belum menyukai PDI Perjuangan? Meskipun sudah ada beberapa daerah yang mau, yang minta, sudah ada DPC-nya, sudah ada DPD-nya, tapi kalau untuk mencari pemimpin di daerah tersebut mengapa kok agak sulit," kata Megawati. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya