Anggota DPR asal Sumbar Sayangkan Pernyataan Puan Maharani

Ketua Bidang Politik DPP PDI Perjuangan, Puan Maharani
Sumber :
  • VIVAnews / Eduward Ambarita

VIVA – Pernyataan Ketua DPP PDI Perjuangan Puan Maharani mengenai Sumatera Barat semoga menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila telah menuai reaksi berbagai pihak. Termasuk anggota DPR yang berasal dari provinsi itu.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

Seperti yang dirasakan Guspardi Gaus, anggota asal Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN). Menurutnya, seolah-olah Puan menganggap masyarakat Sumatera Barat kurang Pancasilais dengan mengeluarkan pernyataan tersebut.

"Saya sangat menyayangkan seorang pejabat negara, petinggi partai mengeluarkan statement yang menimbulkan kegaduhan bagi masyarakat," kata Guspardi dalam keterangan persnya, Kamis 3 September 2020.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Baca juga: Sekjen PDIP Klarifikasi Ucapan Puan Minta Sumbar Dukung Pancasila

Dia meminta Puan Maharani yang saat ini juga menjabat Ketua DPR untuk kembali membaca sejarah bangsa. Banyak tokoh yang Indonesia, pejuang kemerdekaan dan perumus negara ini, berasal dari Sumatera Barat. Seperti M.Natsir, Buya Hamka, Agus Salim, Sutan Syahrir, M.Yamin dan tokoh-tokoh pergerakan lainnya. 

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

"Saya minta kepada Ibu Puan untuk belajar sejarah, siapa pendiri bangsa ini, siapa yang merumuskan UUD dan Pancasila? Itu adalah tokoh yang berasal dari Sumatera Barat," tegasnya.

Banyaknya tokoh pergerakan dan pejuang bangsa dari Sumatera Barat membuktikan bahwa provinsi tersebut adalah pendukung Pancasila. Maka pernyataan Puan menurutnya sangat salah.
  
"Tidak mungkin orang Sumbar itu tidak Pancasila. Orang Sumbar itu paling Pancasilais," jelas anggota Komisi II DPR tersebut.

Ia meminta agar Puan Maharani berhati-hati dalam menyampaikan pernyataan yang justru menimbulkan polemik di kalangan masyarakat. "Jadi oleh karena itu, hati-hatilah dalam menyampaikan statement yang akan menyakiti masyarakat banyak," katanya. 

Sebelumnya, Ketua DPP PDIP Bidang Politik Puan Maharani saat mengumumkan pasangan cagub-cawagub Sumatera Barat untuk Pilkada 2020, berharap agar Provinsi Sumatera Barat mendukung Pancasila.

"Rekomendasi diberikan kepada Insinyur Mulyadi dan Drs H Ali Mukhni. Merdeka! Semoga Sumatera Barat menjadi provinsi yang memang mendukung Negara Pancasila," kata Puan.

Sementara Ketua Umum Megawati Soekarnoputri juga sempat curhat sulitnya PDIP menang di Sumatera Barat. Mega mempertanyakan kenapa rakyat di Sumatera Barat belum sepenuhnya mempercayakan pilihannya kepada PDI Perjuangan atau calon-calon yang diusung PDIP sebagai alat perjuangan politik di pemilihan umum. 

"Kenapa ya? Sepertinya rakyat di Sumatera Barat belum menyukai PDI Perjuangan? Meskipun sudah ada beberapa daerah yang mau, yang minta, sudah ada DPC-nya, sudah ada DPD-nya, tapi kalau untuk mencari pemimpin di daerah tersebut mengapa kok agak sulit," kata Megawati. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya