Calon Wali Kota Binjai Positif COVID-19 saat Mendaftar ke KPU

Ilustrasi-Pelaksaan Pilkada Serentak di Indonesia
Sumber :
  • VIVA.co.id/M Ali Wafa

VIVA – Komisi Pemilihan Umum Kota Binjai di Sumatera Utara terkejut saat melihat surat hasil uji swab milik bakal seorang calon wali kota Binjai bernama Lisa Andriani karena sang kandidat positif COVID-19. Padahal Lisa hadir langsung saat mengantar berkas dan mendaftarkan ?di kantor KPU, Jumat, 5 September 2020.
       
Komisioner KPU Kota Binjai, Rizky, membenarkan kabar bahwa Lisa Andriani positif terjangkit virus corona ketika dia dikonfirmasi oleh wartawan pada Sabtu 5 September 2020.

Lebaran 2024, KAI Bandara Medan Mengangkut 102.502 Penumpang

Rizky menjelaskan, bersama pasangannya, ?Sapta Bangun, dan rombongan pendukungnya, Lisa mendatangi kantor KPU Kota Binjai untuk mendaftarkan sebagai pasangan calon wali kota dan wakil wali kota Binjai dalam pilkada serentak 2020.
     
“Sembari menunggu hasil [surat swab datang] itu, Ibu Lisa [tiba-tiba] pergi pamit karena menyatakan dirinya sakit. Kemudian suratnya datang, kami buka positif [COVID-19],” ujar Rizky.

Baca: WhatsApp Akhyar Dibajak, Minta Duit Buat Maju Pilkada

Bobby Nasution akan Jalin Komunikasi dengan NasDem dan PKB untuk Pilgub Sumut

Sedangkan hasil uji swab untuk Sapta Bangun dinyatakan negatif. Namun, menurut Rizky, berkas pendaftaran mereka lengkap dan diverifikasi. Lisa dimaklumi kalau tidak dapat hadir dalam pendaftaran itu dan berkas-berkasnya tetap diverifikasi.

Dengan kondisi itu, Lisa yang istri Wali Kota Binjai, Idaham, harus dirawat dan diisolasi. Meski begitu, untuk pemeriksaan kesehatan pasangan bakal calon kepala daerah akan terjadi perubahan. KPU sedang menyusun jadwal khusus.
     
Selain pasangan Lisa-Sapta, pasangan calon yang juga telah mendaftar ialah Rahmat Sori Alam-Usman Jakfar. Lisa-Sapta didukung Partai Nasdem, Partai Hanura, PDIP, dan PAN, sedangkan Rahman Sori Alam dan Usman Jakfar didukung Partai Gerindra dan PKS.

Kantongi Surat Tugas Maju Pilgub, Bobby Nasution: Tak Perlu Daftar Lagi ke Golkar Sumut
Tangkap layar penampakan buaya di Kecamatan Medan Labuhan.(Instagram)

Waspada! Buaya Masih Berkeliaran di Kolam Ikan Milik Warga Medan Labuhan

Pasca viral di media sosial, BBKSDA Sumatera Utara menerjunkan tim untuk melakukan pengecekan terkait dengan penampakan seekor buaya bertubuh besar di sungai Pekatal, Kel

img_title
VIVA.co.id
20 April 2024