Menag: Malik Fadjar Tokoh Pengembangan Pendidikan Islam

Mantan Menteri Pendidikan dan Menteri Agama, Abdul Malik Fadjar.
Sumber :
  • Istimewa

VIVA - Menteri Agama, Fachrul Razi, mengungkapkan rasa duka cita mendalam atas wafatnya Menteri Agama era mendiang Presiden BJ Habibie, A. Malik Fadjar, pada Senin malam 7 September 2020. Fachrul Razi mengungkapkan kepergian Malik Fadjar merupakan kehilangan besar bagi Kementerian Agama.

Rizal Ramli Meninggal Dunia, Sri Mulyani: Selamat Beristirahat di Sisi Terbaik Allah SWT

"Innalillahi wa innailaihi raji'un. Saya menyampaikan duka cita mendalam atas berpulangnya Prof. A. Malik Fadjar pada Senin malam ini," kata Fachrul Razi di Jakarta, Selasa, 8 September 2020.

"Ini menjadi kehilangan besar bagi kami Keluarga Kementerian Agama. Bukan saja pernah menjabat sebagai Menteri Agama, tapi beliau juga merupakan tokoh pengembangan pendidikan Islam," lanjut Fachrul.

Jenderal Fachrul Razi Blak-blakan Dipecat sebagai Menag Gara-gara Tolak Pembubaran FPI

Baca juga: Abdul Malik Fadjar, Menteri Pendidikan ke-24 RI Meninggal Dunia

Mantan Wakil Panglima TNI itu mengungkapkan Malik Fadjar telah memiliki kiprah besar dalam pendidikan Islam sejak muda. Lahir dari keluarga Muhammadiyah pada 22 Februari 1939, Malik, begitu ia biasa disapa, merupakan produk pendidikan Kementerian Agama.

Bambang Kristiono Sang ‘Samurai Prabowo’ Meninggal Dunia

Malik muda meraih gelar Doktorandus (Drs) dari Fakultas Tarbiyah Cabang Sunan Ampel Surabaya pada 1972 (saat ini telah menjadi UIN Maulana Malik Ibrahim Malang).

"Yang menarik, beliau telah membangun karir mulai menjadi guru pada Sekolah Rakyat Negeri (SRN), hingga kemudian menjadi Dirjen pada Ditjen Bimbaga Islam Kemenag di tahun 1995an," ungkap Fachrul.

Dia melanjutkan, saat menjadi Dirjen, lalu Menteri Agama, almarhum banyak melakukan pembenahan dan inovasi, antara lain pengembangan manajemen berbasis sekolah, serta Madrasah Aliyah Model dan Madrasah Aliyah Keterampilan.

"Beliau ikut berjasa dalam pengembangan pendidikan Islam," ujarnya.

Atas jasa besar yang luar biasa terhadap negara dan bangsa Indonesia, almarhum mendapat tanda kehormatan yang tinggi, yaitu tanda kehormatan Bintang Mahaputera Adipradana dari Presiden BJ Habibie. Tanda kehormatan ini tertuang dalam Keppres Nomor 076/TK/TH 1999 tanggal 13 Agustus 1999. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya