Gempa Kuat Guncang Laut Banda, Goyangan Terasa hingga Sorong

Ilustrasi mesin seismograf membaca gempa.
Sumber :
  • ANTARA Foto/Nyoman Budhiana

VIVA – Gempa bumi mengguncang wilayah Laut Banda pada Selasa, 8 September 2020, pukul 07.45.21 WIB. Gempa yang awalnya dilaporkan 6,2 magnitudo di-update kembali oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) sebesar 6,1 magnitudo.

Badan Geologi Catat Masih Ada Erupsi Kecil dan Potensi Bahaya Gunung Ruang

"Hasil analisis BMKG menunjukkan gempabumi ini memiliki parameter update dengan magnitudo Mw=6,1," demikian dikutip dari @InfoHumasBMKG.

Gempa ini memiliki episenter yang terletak pada koordinat 4,89 Lintang Selatan dan 129,84 Bujur Timur. Lokasi persisnya berada di laut pada jarak 210 kilometer arah Tenggara Kota Masohi, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku pada kedalaman 194 km.

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Gunung Ibu di Halmahera Barat Naik Status Jadi Siaga

"Guncangan gempabumi ini dirsakan di daerah Ambon & Sorong III MMI (Getaran dirasakan nyata dlm rumah. Terasa getaran seakan akan truk berlalu), Kairatu, Banda & Manokwari II-III MMI, Kaimana II MMI (Getaran dirasakan bebrp org, benda2 ringan yg digantung bergoyang)," tulis @InfoHumasBMKG.

Dari laporan sementara belum ada kerusakan dari dampak gempa tersebut. Gempa dilaporkan juga tak berpotensi tsunami. (art)

Top Trending: Kiai Rela Serahkan Istrinya ke Oknum Habib Hingga Patung Liberty Berguncang
Gunung Ile Lewotolok di Kabupaten Lembata, NTT yang masih mengeluarkan asap

Gunung Ile Lewotolok Terjadi 94 Kali Gempa Embusan, Menurut Pos Pengamatan

Pos Pengamatan Gunung Api Ile Lewotolok di Lembata, NTT, melaporkan terjadi gempa embusan sebanyak 94 kali. Gunung terlihat jelas dan asap kawah teramati berwarna putih.

img_title
VIVA.co.id
10 Mei 2024