Ridwan Kamil: Jabar Butuh 30 Rumah Sakit Tambahan di Masa Pandemi

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVAnews / Adi Suparman

VIVA – Jawa Barat disebut saat ini membutuhkan 30 rumah sakit tambahan untuk optimalisasi pelayanan kesehatan dengan kapasitas populasi 50 juta. Apalagi saat ini tengah pandemi corona atau COVID-19 sehingga pelayanan dengan infrastruktur memadai sangat dibutuhkan.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menjelaskan, Jawa Barat dengan populasi 50 juta jiwa memerlukan 135 rumah sakit yang tersebar di 27 daerah. Namun, saat ini baru memiliki 105 rumah sakit. 

Untuk bulan ini, terdapat satu rumah sakit baru yaitu Rumah Sakit Pasar Minggu (RSPM) di Palimanan Kabupaten Cirebon.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

"Dalam catatan kami, Jabar masih membutuhkan sekitar 30 rumah sakit sehingga (RSPM) ini membantu melayani masyarakat Jabar yang jumlahnya semakin besar, per hari ini hampir 50 juta jiwa," ujar Ridwan, Selasa, 8 September 2020.

Baca Juga: Ridwan Kamil Klaim Jabar Swasembada Beras di Masa Pandemi COVID-19

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Ridwan menilai, adanya penambahan rumah sakit di kawasan Pantura seperti Kabupaten Cirebon ditargetkan dapat meningkatkan layanan kesehatan. 

"Ini sebuah ikhtiar luar biasa untuk melayani masyarakat Kabupaten Cirebon dengan lebih baik lagi," ujar mantan Wali Kota Bandung itu.

Pun, dia memastikan penanganan kesehatan di masa pandemi COVID-19 jadi prioritas Pemerintah Provinsi Jawa Barat. "Semoga indeks kesehatan Jabar terus naik sehingga berpengaruh terhadap meningkatnya angka IPM," ujarnya.

Kemudian, ia menekankan agar selama pandemi, pelayanan medis terhadap rakyat tetap memperhatikan protokol kesehatan.

"Saya titip ke masyarakat juga untuk selalu mensyukuri nikmat kesehatan yang diberikan Tuhan, mohon dijaga gaya hidupnya dengan menerapkan PHBS (perilaku hidup bersih dan sehat)," ujarnya. (lis)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya