Tito Tegur 53 Calon Petahana yang Show Off Bawa Massa Daftar Pilkada

Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian memakai masker. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Abriawan Abhe

VIVA – Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tito Karnavian mengaku sudah menegur 53 calon kepala daerah (cakada) berstatus petahana. Teguran itu disampaikan setelah para kandidat pilkada itu tidak disiplin mengikuti protokol kesehatan pada masa wabah Corona COVID-19.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

"Sudah 53 petahana yang ikut kontestasi kami beri teguran tegas," kata Mendagri Tito saat menyampaikan keterangan pers usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo di Jakarta pada Selasa 8 September 2020.

Tito mengatakan, teguran itu dialamatkan juga kepada peserta pilkada yang bukan berstatus petahana. Menurut dia, teguran itu pula datang dari Bawaslu lantaran lembaga tersebut yang memiliki wewenang. 

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Untuk itulah, Bawaslu sudah melakukan. Saya lihat Bawaslu daerah sudah melakukan peneguran," ujarnya.

Baca juga: Si Cantik Isabella Viral karena Tikam Ibu Kandungnya 151 Kali

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Mantan kapolri itu tidak menjabarkan teguran ini bisa berimbas pada hal selanjutnya. Artinya, implikasi dari teguran pemerintah pusat bukan sekadar imbauan. Tito menegaskan, aturan untuk mengikuti protokol kesehatan seharusnya diketahui pasangan calon atau pun tim pemenangannya.

Mereka mau tak mau, harus peduli. Hal itu pula, kata dia, bahkan sudah ditegaskan dalam Peraturan KPU (PKPU).

"Dari Bawaslu daerah sudah sampaikan surat kepada parpol pendukung paslon, sehingga kemungkinan kontestan sudah tahu aturan ini, parpol sudah tahu. Tapi, mungkin sengaja mau show off force. Unjuk kekuatan, sehingga aturan COVID-19 yang diatur PKPU itu dilanggar," kata dia. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya