Golkar Usung Kader Terbaiknya di 9 Pemilihan Gubernur 2020

Ketua Dewan Pembina Aburizal Bakrie.
Sumber :
  • VIVA/Bayu Nugraha

VIVA – Partai Golkar dipastikan mengerahkan seluruh kader terbaiknya untuk bertarung dalam pemilihan kepala daerah atau Pilkada serentak 2020. Dari 9 provinsi yang menggelar pemilihan gubernur dan wakil gubernur, Golkar menempatkan kadernya sebagai bakal calon gubernur atau wakil gubernur.

Surya Paloh Pikir-pikir Usung Anies Baswedan di Pilkada Jakarta 2024

"Untuk gubernur, 9 daerah seluruhnya ada kader Golkar sebagai Gubernur atau Wagub," kata Ketua Dewan Pembina Partai Golkar, Aburizal Bakrie kepada VIVA, Selasa, 8 September 2020.

Baca: Tak Ingin Pilkada jadi Klaster COVID, KPU Batasi Kampanye Tatap Muka

Pendaftaran Petugas PPK Dimulai, KPU Depok Akan Rekrut 55 Orang

Untuk sembilan kader Golkar yang akan bertarung di Pilgub 2020 antara lain, Rohidin Mersyah (Bakal Cagub Bengkulu); Christiany Eugenia Paruntu atau Tetty Paruntu (Bakal Cagub Sulut); Anshar Ahmad (Bakal Cagub Kepri); Cek Endra (Bakal Cagub Jambi); Sahbirin Noor atau Paman Birin (Bakal Cagub Kalsel); Fakhrizal (Bakal Cagub Sumbar).

Untuk bakal Cawagub ada Irwan Sabri (Bakal Cawagub Kaltara); Ma'mun Amir (Bakal Cawagub Sulteng) dan Edy Pratowo (Bakal Cawagub Kalteng).

Airlangga Respons PDIP: Jokowi-Gibran Masuk Keluarga Besar Golkar, Tinggal Formalitasnya Saja

Di Pilkada serentak 2020 ini, partai Golkar setidaknya mengusung calonnya sendiri tanpa koalisi dengan partai politik lain di 22 daerah. Koalisi Golkar-PDIP di 61 daerah; Golkar-Nasdem di 57 daerah; Golkar-Demokrat di 41 daerah; Golkar-Gerindra di 32 daerah; Golkar-PAN di 23 daerah; Golkar-PKB di 16 daerah; Golkar-PKS di 8 daerah; Golkar-PPP di 5 daerah; Golkar-Hanura di 5 daerah dan Golkar-PBB di 1 daerah.

Seperti diketahui, Pilkada serentak 2020 ini akan digelar 9 Desember 2020 mendatang, dilaksanakan di 270 daerah dengan rincian 9 provinsi, 224 kabupaten, dan 37 kota. 

Tahapan pendaftaran calon dimulai sejak 4 September 2020 dan berakhir pada 6 Desember 2020, pukul 24.00 WIB. (lis)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya