Prof Wiku: Jika 75 Persen Penduduk Pakai Masker, Corona Turun Drastis

Juru Bicara Satgas COVID-19 Wiku Adisasmito
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan COVID-19, Prof Wiku Adisasmito, menyampaikan temuan studi mengenai efektivitas penggunaan masker dalam hal menekan penularan virus. Menurut dia, berdasarkan riset dan temuan, penggunaan masker mampu menurunkan angka kasus positif.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

"Jika lebih dari 75 persen penduduk patuh mengenakan masker, maka (kasus) COVID-19 dapat turun drastis. Jadi hasil penelitian ini dari keadaan nyata di Amerika Serikat dan kami mohon saudara sekalian disiplin gunakan masker," kata Wiku, Selasa, 8 September 2020.

Baca juga: Novel Baswedan Negatif COVID-19 Setelah Isolasi Mandiri 11 Hari

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Pernyataan Wiku tersebut merujuk pada penelitian yang dilakukan Profesor di Florida International University, Amerika Serikat, Hakan Yilmazkuday. Masker mampu menangkal virus, setidaknya dari percikan droplet dari seseorang atau mencegah diri sendiri menularkan ke yang lain.

"Kami mohon saudara-saudara sekalian bisa disiplin menerapkan penggunaan masker. Paling tidak mayoritas masyarakat menggunakan masker secara tertib," kata dia.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Pemerintah sendiri memang tengah gencar mengkampanyekan penggunaan masker ke masyarakat. Hal itu juga sejalan dengan perintah dari Presiden Jokowi, belum lama ini. Bahkan akhir Agustus lalu, Kepala Negara sempat kecewa lantaran kampanye masker masyarakat belum masif. (ase)

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Rahmat Bagja

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Ketua Bawaslu RI mengatakan bahwa Pilkada Serentak 2024 berbeda dan jauh lebih kompleks dibandingkan dengan penyelenggaraan pilkada serentak sebelumnya.

img_title
VIVA.co.id
22 April 2024