Ridwan Kamil Kesal Calon Kepala Daerah Gagal Kendalikan Pendukungnya

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengaku kesal lantaran dalam perhelatan Pilkada 2020 di delapan daerah Jabar diwarnai ulah para calon kepala daerah yang mengabaikan protokol kesehatan virus Corona COVID-19 dan bagai sesumbar mengerahkan massa.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Imbas kenakalan itu, Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) melayangkan surat teguran karena membuat kerumunan pada proses pilkada di masing-masing daerah tersebut khususnya bagi para calon petahana.

Baca juga: Tito Tegur 53 Calon Petahana yang Show Off Bawa Massa Daftar Pilkada

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

"Ada beberapa catatan yang saya sesalkan. Pertama, bakal calon pasangan kepala daerah tidak mampu mengendalikan pendukungnya yang beramai-ramai dan melanggar protokol kesehatan serta aturan sehingga saya menerima surat teguran untuk beberapa bakal calon dari Kemendagri sebagai perwakilan pusat di daerah," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Jawa Barat, Rabu 9 September 2020.

Bahkan Ridwan Kamil mengaku telah menghubungi beberapa calon terkait pelanggaran itu. "Saya sudah telepon beberapa pihak," katanya lagi.

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

Menurutnya, potensi penularan COVID-19 di tahapan pilkada sempat dikhawatirkan. "Jadi dari awal saya agak khawatir Pilkada Desember ini dari sisi epidemologi. Tapi karena sudah diputuskan, maka saya akan dukung dengan memastikan semua berjalan dengan baik. Jadi jangan sampai pilkada malah jadi klaster baru dalam situasi ini," kata dia.

"Saya minta KPU daerah Jabar untuk menyampaikan kepada bakal calon pasangan agar memaksimalkan kampanyenya dengan membagikan alat kesehatan," lanjut Ridwan Kamil. (ren)

Kantor Wali Nagari Singguliang Lubuak Aluan, Padang Pariaman, disegel warga

Top News: AHY Wanti-wanti Prabowo, Heboh Wali Nagari di Sumbar Digerebek Warga Mesum

Simak sejumlah artikel yang masuk deretan terpopuler dalam kanal News VIVA sepanjang Kamis, 25 April 2024. Salah satunya soal pertemuan Prabowo dengan Cak Imin.

img_title
VIVA.co.id
26 April 2024