KPK Periksa Mantan Komisaris Utama Asabri

Gedung ASABRI
Sumber :
  • vivanews/Andry

VIVA – Tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) terus merampungkan penyidikan terhadap kasus dugaan korupsi penjualan dan pemasaran PT Dirgantara Indonesia (PT DI).

Gaji Karyawan PTDI Dicicil, Begini Penjelasan Erick Thohir

Dalam mengusut kasus ini, tim penyidik menjadwalkan memeriksa mantan Komisaris Utama PT Asabri, Marsekal Madya (Purn) Ismono Wijayanto. Mantan Inspektur Jenderal di Kementerian Pertahanan itu akan diperiksa sebagai saksi untuk melengkapi berkas penyidikan dengan tersangka mantan Dirut PT DI, Budi Santoso.

"Yang bersangkutan diperiksa sebagai saksi untuk tersangka BS (Budi Santoso)," kata Plt Juru Bicara KPK Ali Fikri, Rabu 9 September 2020.

Baca juga: Pemindahan Ibu Kota Baru Ditunda, ke Mana Relokasi Anggarannya?

Manajemen PTDI Buka Suara soal Gaji Karyawan Dicicil

Belum diketahui secara pasti kaitan Ismono atau PT Asabri dalam sengkarut korupsi di PT DI ini. Tak hanya Ismono, dalam mengusut kasus ini, tim penyidik juga menjadwalkan memeriksa sejumlah saksi lainnya.

Beberapa di antaranya, mantan staf ahli bidang sosial budaya Dewan Ketahanan Nasional, Manahan Simorangkir; pensiunan TNI AD, Aris Supangkat; Komisaris PT Quartagraha Adikarsa, Susinto Entong; serta Komisaris PT Surya Daya Pratama, Mochamad Cholid Ashibli.

Pemeriksaan keempat saksi itu dilakukan penyidik untuk melengkapi berkas penyidikan dengan tersangka Budi Santoso. (ren)

Ilustrasi Foto Firli Bahuri dan Karyoto (Sumber Majalah Tempo 26 November 2023)

Integritas Firli Bahuri dan Komitmen Penegakan Hukum Irjen Karyoto

Setelah mempertimbangkan semua bukti-bukti pelanggaran etik yang dilakukan Firli saya menyimpulkan Firli memang bukan pribadi yang berintegritas.

img_title
VIVA.co.id
8 Januari 2024