Jokowi Minta Kebut Vaksin COVID-19 Merah Putih

Presiden Joko Widodo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Presiden Joko Widodo meminta Tim Nasional Percepatan Pengembangan Vaksin COVID-19 untuk segera bekerja dengan cepat. Setelah baru saja tim terbentuk, gugus tugas yang dipimpin Menteri Riset dan Teknologi Bambang Brodjonegoro ini memaparkan langsung apa saja yang sudah dilakukan oleh para peneliti terkait rencana proyek vaksin tersebut.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Hal itu dikatakan Ketua Tim Nasional Percepatan, Bambang Brodjonegoro usai bertemu Presiden Jokowi di Istana Kepresidenan Bogor, hari ini.

"Pak Presiden memberikan arahan agar tim bekerja cepat terutama untuk pengembangan bibit vaksin merah putih," kata Bambang di Bogor, Jawa Barat, Rabu, 9 September 2020.

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Baca juga: Begini Uang Cetakan Paguyuban Tunggal Rahayu, Berlaku di Komunitasnya

Vaksin Merah Putih merupakan vaksin yang tengah dikembangkan sejumlah peneliti Indonesia. Mereka atau konsorsium lembaga itu terdiri dari Lembaga Biologi dan Molekuler Eijkman dan perusahaan farmasi milik negara, Bio Farma.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

Bambang mengatakan, hingga kini tahapan pengembangkan antibodi virus tersebut sudah mencapai 50 persen. "Targetnya akhir tahun ini uji pada hewan sudah bisa diselesaikan sehingga awal tahun depan, sekitar Januari, Eijkman bisa menyerahkan bibit vaksin tersebut kepada PT Bio Farma untuk kemudian dilakukan formulasi dalam rangka uji klinis, baik tahap I, II, dan III," ujarnya.

Bambang memperkirakan, kalau tidak ada halangan, vaksin bakal diproduksi sekitar triwulan IV di tahun 2021. "Kita harap Indonesia punya kemandirian di dalam penyediaan dan pengembangan vaksin," ujar Bambang. (lis)


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya