JK Pimpin Upacara Pemakaman Jakob Oetama

Ardiansyah Bakrie dan Jusuf Kalla
Sumber :
  • VIVA/Muhamad Solihin

VIVA – Wakil Presiden RI periode 2004-2009 dan 2014-2019, M. Jusuf Kalla, akan memimpin upacara pemakaman tokoh pers dan juga pendiri Kompas Gramedia dan Pimpinan Umum Harian Kompas, Jakob Oetama. Jenazah akan dimakamkan di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis, 10 September 2020. Pemakaman akan dilakukan secara kemiliteran.

BPBD Ungkap Data Curah Hujan Eksrem yang Sebabkan Jakarta Banjir Hari Ini

"Nanti di TMP Kalibata akan diadakan upacara militer, dan akan bertindak sebagai inspektur upacara bapak Jusuf Kalla,” Kata Corporate Communication Director Kompas Gramedia, Rusdi Amral, Kamis, 10 September 2020.

Sebagaimana diketahui, tokoh pers dan pendiri Kompas Gramedia Jakob Oetama tutup usia, Rabu, 9 September 2020, di Rumah Sakit Mitra Keluarga Kelapa Gading, Jakarta Utara, dalam usia 88 tahun. Jakob Oetama meninggal dunia pada pukul 13.05 WIB setelah sempat dirawat karena mengalami gangguan multiorgan.

Rambah Bisnis Kuliner, Vidi Aldiano dan Kevin Sanjaya Buka Cabang Baru Restoran Grill Jepang

Jakob lahir pada 27 September 1931 di Desa Jowahan, Borobudur, Jawa Tengah. Saat belia cita-citanya adalah menjadi guru seperti ayahnya. Ia sempat mengajar di SMP Mardi Yuwana Cipanas, Sekolah Guru Bagian B (SGB) Lenteng Agung Jagakarsa, dan SMP Van Lith Jakarta.

Pada 1963, bersama rekan terbaiknya, almarhum Petrus Kanisius Ojong (P.K. Ojong), Jakob Oetama menerbitkan majalah Intisari yang menjadi cikal-bakal Kompas Gramedia.

Anies Bicara soal Gugatan Pilpres 2024 ke MK: Azan Belum Mulai, Jangan Mulai Salat

Kepekaannya pada masalah manusia dan kemanusiaan yang kemudian menjadi spiritualitas Harian Kompas, yang terbit pertama kali pada 1965. Hingga lebih dari setengah abad kemudian Kompas Gramedia berkembang menjadi bisnis multi-industri. (lis)
 

Vidi Aldiano

Vidi Aldiano Senang Jadi Bagian Inovasi dalam Konsep All Private Japanese Room Grill

Vidi Aldiano yang ternyata merupakan investor di dalamnya pun juga hadir. Dalam hal ini, ia mengedepankan sisi privasi bagi setiap orang yang ingin bersantap di restoran.

img_title
VIVA.co.id
23 Maret 2024