Dampak PSBB Total terhadap Penanganan Perkara di KPK

Gedung Merah-Putih KPK
Sumber :
  • VIVA/Andry Daud

VIVA – Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan kembali menerapkan Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB Total atau sama seperti pada awal pandemi COVID-19. Artinya, semua aktivitas perkantoran akan ditutup. Walau ada pengecualian untuk sektor-sektor tertentu.

Jaksa Ungkap Gazalba Saleh Cuci Uang Beli Alphard, tapi di LHKPN Bilang Cuma Ada Avanza

Dalam penjelasan yang disampaikan langsung Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, langkah ini diambil menyikapi tren peningkatan kasus positif COVID-19 yang terjadi di wilayah Ibu Kota yang semakin mengkhawatirkan. Baik dari positivity rate yang tinggi hingga ketersediaan ruang perawatan di rumah sakit yang semakin sedikit lantaran pasien melonjak.

Kebijakan ini juga akan berdampak pada sektor perkantoran yang ada di Jakarta, seperti halnya Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Namun, lembaga antirasuah tetap menerapkan sistem 50 persen pegawai yang bekerja dari kantor atau work from office (WFO), selebihnya bekerja dari rumah atau work from home (WFH).

Manfaat Kalung Kesehatan, Solusi Nyata atau Sekadar Gaya?

"Jam kerja pegawai saat ini masih berlaku Surat Edaran Pimpinan KPK yang terakhir pascabeberapa pegawai terpapar COVID-19 beberapa waktu yang lalu," kata Plt Juru Bicara KPK, Ali Fikri dikonfirmasi awak media, Kamis 10 September 2020.

Gedung KPK yang juga berlokasi di kawasan Ibu Kota, jadi salah satu klaster perkantoran. Sebab, sejak Maret hingga Agustus 2020, kurang lebih 44 pegawai dan tahanan terpapar COVID-19.

Petinggi KPK Alex Marwata Sudah Diperiksa Dewas soal Mutasi ASN di Kementan RI, Ini Hasilnya

Terkait penanganan perkara di KPK, ungkap Ali, penyidik tetap berupaya menyelesaikannya. Ali memastikan, pemeriksaan saksi di KPK pun mematuhi protokol kesehatan COVID-19.

"Untuk penanganan perkara yang memang menurut ketentuan UU ada batasan waktunya, tentu akan tetap segera diselesaikan dengan protokol kesehatan ketat," ujarnya. (art)

Keberangkatan jemaah haji1444 H/2023 M kloter pertama

6 Tips Kesehatan untuk Para Jemaah Haji Jelang Keberangkatan ke Tanah Suci

Bagi para jemaah haji, menjaga kesehatan bukanlah hal yang bisa diabaikan, terutama menjelang keberangkatan ke Tanah Suci. Berikut ini tips kesehatan untuk para jemaah.

img_title
VIVA.co.id
7 Mei 2024