Ma'ruf Amin Ingatkan Pancasila Jangan Sampai Dipahami Menyimpang

Wapres KH Ma'ruf Amin
Sumber :
  • VIVA/Reza Fajri

VIVA – Wakil Presiden Ma'ruf Amin meminta agar Pancasila tidak didorong ke pemahaman yang menyimpang. Ma'ruf mengakui keragaman suku, budaya dan agama yang ada di Indonesia masih menimbulkan perbedaan pandangan di masyarakat terhadap pengamalan nilai-nilai Pancasila.

Rektor Universitas Pancasila Dinonaktifkan Buntut Dugaan Kasus Pelecehan Seksual

Ma'ruf mengemukakan hal itu dalam acara simposium nasional dengan tema "Studi dan Relasi Lintas Agama Berparadigma Pancasila (SIGMA Pancasila)" secara daring, Kamis, 10 September 2020.

"Dan diperlukan pemahaman Pancasila secara utuh sebagaimana dirumuskan dan dipahami oleh para pendiri bangsa. Pancasila tidak boleh didorong ke arah pemahaman yang menyimpang seperti sekularisme, liberalisme atau komunisme," kata Ma'ruf.

Politikus PDIP: Anak Muda Harus Jaga Pemilu Damai demi Tegaknya Konstitusi

Baca juga: Sumbar Provinsi Pancasilais hingga Paguyuban Cetak Uang Sendiri

Wapres juga menyebut, nilai-nilai yang terkandung di dalam agama dan Pancasila harus dapat dipahami secara menyeluruh. Sehingga menurutnya akan tercipta kerukunan bangsa.

Dewan Profesor Universitas Brawijaya Minta Pemerintah Tidak Mencederai Demokrasi

"Di sisi lain, agama juga seharusnya dipahami secara moderat dengan tanpa mengorbankan ajaran-ajaran dasar agama dan sebaliknya, bukan pemahaman yang bersifat radikal, ekstrem atau liberal," ujar Ma'ruf.

Ma'ruf berharap masyarakat mampu mencegah berkembangnya paham-paham yang tidak sesuai dengan Pancasila. Berkembangnya paham anti-Pancasila diingatkanya bisa mengancam persatuan nasional.

"Pancasila sudah terbukti mampu menjaga kerukunan seluruh bangsa, sehingga tercipta integrasi nasional. Oleh karena itu, kita harus mampu menangkal berkembangnya paham-paham yang mengancam Pancasila dan persatuan nasional," kata Ma'ruf. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya