Bentuk Partai Baru, Amien Rais: Berazaskan Islam Rahmatan Lil Alamin

Amien Rais
Sumber :
  • IG Amien Rais

VIVA – Mantan Ketua MPR RI Amien Rais angkat bicara mengenai Partai baru yang akan didirikan bersama sejumlah rekannya. Pendiri PAN itu menegaskan, alasan dirinya membuat partai baru adalah karena prihatin melihat kondisi bangsa Indonesia.

Klarifikasi Isu Koalisi Prabowo Bergejolak soal Jatah Menteri, Sekjen Gerindra Bilang Begini

"Saya yang prihatin dengan perkembangan kondisi bangsa dan negara kita akhir-akhir ini, bahwa ada kebutuhan perlunya muncul sebuah partai baru. Mungkin ada sebagian anak bangsa yang merasa bahwa kondisi bangsa Indonesia sekarang ini sudah baik-baik saja, tapi bagi kami banyak sekali indikasi yang menunjukan bahwa kita ini berada di ambang krisis," kata Amien, Jumat, 11 September 2020.

Baca juga: Partai Baru Amien Rais Dinamakan PAN Reformasi, Logonya Mirip PAN

Ditanya soal Status Keanggotaan Partai Politiknya, Gibran Bilang Begini

Amien mengatakan, rezim saat ini yang sedang memikul amanat rakyat semakin jauh atau menjauhi nilai-nilai moral atau etika dan akhlak yang baik. Hal itu juga semakin membulatkan tekadnya mendirikan partai baru sebagai cara untuk melakukan perubahan.

Dalam Partai baru yang akan didirikan nanti, Amien menggunakan asas Islam Rahmatan lil 'Alamin. Artinya adalah partai yang berazaskan Islam yang membawa rahmat bagi semesta alam.

Tangani OPM, Dewan Pembina Golkar Dukung Tindakan Tegas TNI Dorong Pendekatan Kesejahteraan di Papua

"Asas partai adalah Islam rahmatan lil alamin, Islam melarang diskriminasi atas nama apapun. sementara semboyan Kami adalah melawan kezaliman dan tegakkan keadilan. Lapisan kaum duafa dan mustad'afin di kalangan kita merasakan benar kehidupan yang merana, baik yang miskin secara kultural dan miskin secara struktural," ujar Amien.

Menurut Amien, masyarakat itu ingin melihat masa depan yang lebih cerah, lebih adil dan lebih baik dari situasi dan kondisi Indonesia sekarang ini. Ayah dari Mumtaz Rais itu juga mengatakan, pesan pokok dari Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945 juga begitu sejalan dengan Alquran makanya dirinya memilih asas Islam Rahmatan Lil 'Alamin

"Alquran dan Saya yakin juga Kitab Taurat dan kitab Injil memesankan dan memerintahkan hal yang sama tegakkan keadilan dan lenyapkan kezaliman," ujar Amien.

Terkait waktu pendeklarasian, ujar Amien, saat ini masih didiskusikan kapan akan dilakukan. Begitu juga untuk Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga, belum dapat diungkapkan secara detail.

"Tentang nama logo AD/ART dan lain-lain belum dapat diungkapkan sekarang. mohon bersabar tunggu tanggal hari serta bulan yang kami sendiri sedang bermusyawarah. Jadi bersabar itu indah fashabrun Jamil," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya