Kronologi Relawan Vaksin Sinovac di Bandung Bisa Positif Corona

Sukarelawan vaksin
Sumber :
  • Global Times

VIVA – Tim peneliti uji klinis fase III vaksin virus corona (COVID-19) Sinovac di Bandung, Jawa Barat, menjabarkan kesimpulan awal terkait salah satu relawan yang sudah menjalani tahap pertama namun positif terpapar corona. 

Unpad Bakal Buka Program Beasiswa Bagi Para Aktivis

Juru bicara tim peneliti vaksin COVID-19 Sinovac, Rodman Tarigan, menegaskan relawan tersebut terpapar COVID-19 bukan karena efek samping dari uji coba tersebut.

"Kesimpulan, hasil pemeriksaan apus (Swab) hidung positif bukan berasal dari tim penelitian. Tapi hasil dari program pemeriksaan swab nasofaring oleh pemerintah," ungkapnya di Bandung, Jumat, 11 September 2020.

Guru Besar dan Alumni Unpad Sentil Jokowi Lewat Petisi: Kita Suarakan Terus Menerus

Baca juga: Relawan Uji Klinis Vaksin Sinovac di Bandung Positif Corona

Rodman menjabarkan, ketika relawan tersebut mendapatkan suntikan vaksin pertama pada kegiatan penelitian vaksin, dia dinyatakan sehat. Kemudian, pada kunjungan suntikan kedua relawan itu pun secara klinis dinyatakan sehat dan diberikan suntikan kedua. 

Yandex Bersama 2 Kampus Gelar Diskusi Kecerdasan Buatan

Keesokan harinya, relawan itu menjalani program pemeriksaan swab nasofaring dari Dinkes karena ada riwayat ke luar kota. Di situlah terungkap bahwa dia terpapar virus corona.

Oleh petugas dilakukan pengambilan bahan dari apus hidung, dan kemudian dikirimkan ke laboratorium BSL2 (Dinas Kesehatan) dengan hasil positif. 

Hasil yang positif tersebut harus disampaikan kepada yang bersangkutan. Kemudian, yang bersangkutan menjalani isolasi mandiri dan terdapat program pemantauan secara ketat setiap harinya.

"Perlu dilanjutkan dengan pengawasan ketat. Selama 9 hari pengawasan kondisi yang bersangkutan dalam keadaan baik," katanya. (ase)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya