Bupati Merangin Klaim Daun Sungkai Obat COVID-19 karena Antibakteri

Bupati Merangin Al Haris
Sumber :
  • VIVA/Syarifuddin Nasution

VIVA – Kabupaten Merangin merupakan satu-satunya kabupaten/kota di provinsi Jambi yang nol kasus COVID-19. Namun pemerintah kabupaten terus mengingatkan masyarakat agar selalu mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan virus corona.

Pilkada 2024 Berbeda dan Lebih Kompleks dibanding Pilkada Serentak Sebelumnya, Menurut Bawaslu

Selain mengintruksikan disiplin menerapkan protokol kesehatan, sang bupati, Al Haris, menyarankan masyarakat mengonsumsi ramuan daun sungkai karena, dia mengklaim, mengandung zat antibakteri dan antivirus. "Minum daun sungkai, itu mempunyai antibakteri yang sangat luar biasa dan bisa mencegah dari virus corona," ujarnya, Minggu, 13 September 2020.

Dia juga mengaku sudah memerintahkan rumah sakit di Merangin agar meresepkan ramuan daun sungkai kepada para pasien COVID-19. Sebelumnya, katanya, ada lima orang terjangkit corona di Merangin, dirawat di rumah sakit, kemudian sembuh setelah meminum ramuan daun sungkai. Terbukti juga sekarang, katanya, Merangin nol kasus positif COVID-19.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Baca: China Setujui Vaksin Corona Pertama Disemprot ke Hidung

Sang bupati mengklaim pernah bertemu dengan seorang dokter asal Jerman yang menyebut daun sungkai berkhasiat beberapa penyakit. “Saya pernah ketemu dengan dokter dari Jerman, mengatakan daun sungkai obat ampuh menyembuhkan penyakit, dan sangat peluang ke depan.” Sayangnya dia tak menyebutkan dengan jelas identitas si dokter dan penyakit spesifik apa yang dapat diobati dengan sungkai.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Sampai sekarang dia mempertahankan daun sungkai sebagai obat untuk mencegah dan mengobati pasien COVID-19. Dia sudah meminta dua ahli mikrobiologi Universitas Jambi untuk meneliti daun sungkai itu yang sebenarnya banyak tumbuh di semua wilayah di provinsi Jambi. 

Wali Kota Jambi

Al Haris bahkan akan meresepkan juga daun sungkai kepada Wali Kota Jambi Syarif Fasha yang positif terinfeksi corona dan sekarang dirawat di salah satu rumah sakit di Jakarta. Dia akan mengirimkan beberapa ramuan daun sungkai kepada Syarif agar sang wali kota segera sembuh.

Dia berani memberikan ramuan daun sungkai karena, konon, dapat mengobati para pasien positif COVID-19 di Merangin sehingga sekarang kabupaten itu nol kasus penularan corona. "Kita berani memberikan Wali Kota Jambi daun sungkai karena sudah terbukti menyembuhkan pasien positif corona dengan cepat dan Merangin sudah lama zona hijau," ujarnya. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya