Bamsoet Klarifikasi soal Heboh Pasukan Khusus BIN

Politikus Golkar sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo
Politikus Golkar sekaligus Ketua MPR Bambang Soesatyo
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra

VIVA – Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI Bambang Soesatyo mengklarifikasi unggahan di akun Instagram pribadinya terkait pasukan khusus Badan Intelijen Negara (BIN) bernama Rajawali. Politikus yang akrab disapa Bamsoet itu menegaskan tak ada pasukan khusus Rajawali.

Dia menjelaskan, video yang diunggahnya hanya aksi demonstrasi para taruna Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN)

"Tidak ada pasukan khusus BIN seperti yang diributkan. Video yang saya unggah di akun Instagram saya itu adalah demonstrasi para taruna-taruni Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) yang baru selesai pendidikan dengan berbagai keahlian khusus tersebut, mempertunjukkan kemahirannya," kata Bamsoet, dalam keterangannya, Selasa, 15 September 2020.

Baca Juga: Muncul Pasukan Bersenjata Milik BIN di Hadapan Jenderal-jenderal TNI

Dia menjelaskan, aksi demonstrasi itu di sela acara seremoni inagurasi Peningkatan Statuta Sekolah Tinggi Intelijen Negara (STIN) dan peresmian Patung Bung Karno di STIN, Sentul, Bogor, beberapa waktu lalu. Ia bilang, para taruna itu menamakan dirinya Pasukan Khusus Rajawali. 

Bamsoet mengaku bangga dan mendukung penuh prestasi mereka yang terampil.

"Tidak hanya kemahiran menggunakan berbagai jenis senjata laras pendek dan laras panjang. Tapi, juga kemahiran menjinakkan bom, membebaskan sandera, terjun dari atas gedung memakai tali," ujar politikus Golkar itu.