Ridwan Kamil: Kota Cimahi Zona Merah COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVAnews/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menerangkan peta sebaran virus corona atau COVID-19 di wilayahnya masih menghantui beberapa wilayah penyangga DKI Jakarta dan Kota Cimahi. 

Golkar Sambut Baik PAN Jagokan Ridwan Kamil di Pilgub Jakarta 2024

Ridwan Kamil menjelaskan, perkembangan terbaru yaitu Kota Cimahi yang gencar memberlakukan pelacakan dengan tes usap.

"Secara umum kita di urutan keempat ya kalau kasus. Ada Jakarta, ada Jawa Timur, Jawa Tengah baru Jawa Barat. Kemudian situasi terakhir yang zona merah ada empat, minggu ini Kota Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi dan Kota Cimahi," ujarnya, Selasa, 15 September 2020.

Zulhas Yakin Ridwan Kamil Maju Pilgub Jakarta Bukan Jabar

Baca juga: Disuntik Dosis Terakhir Vaksin COVID-19, Ridwan Kamil: Jadi Agak Pegal

Kota Cimahi, menurut dia, dinyatakan zona merah karena terus memunculkan kasus positif akibat gencar dilakukan pengetesan.

Kuota Haji Kabupaten Tangerang Bertambah, 20 Persen Lansia

"Berita Cimahi, satu-satunya daerah yang sudah melewati standar WHO untuk pengetesan PCR itu Kota Cimahi saya ucapkan selamat. Tapi berita buruknya minggu ini zona merah mungkin dari risiko pengetesan yang sangat masif  menghasilkan kasus yang banyak maka zona merah tapi apresiasi agresifitas pengetesannya," katanya.

Dia menambahkan, pengetesan swab di Jawa Barat dipastikan terus berjalan untuk memenuhi standar minimal yang ditetapkan lembaga kesehatan dunia (WHO).

"Karena pengetesan di Jawa Barat sudah terbanyak di Indonesia tapi masih belum mengejar standar WHO. Kita baru 320 ribuan kalau tidak salah, butuh lima minggu lagi untuk mengejar menjadi 500 ribu sebagai standar satu persen dari jumlah penduduk," ujarnya. 


 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya