Napi Asal China Kabur Lewat Gorong-gorong, Petugas Lapas Diperiksa

Napi kabur lewat gorong-gorong
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Kantor Kementerian Hukum dan Ham (Kemenkumham RI), masih melakukan investigasi soal kaburnya Cai Changpan alias Cai Ji Fan, narapidana kasus penyalahgunaan narkoba yang berhasil kabur dari Lapas Klas I Tangerang. 

5 Negara Pemegang Hak Veto di PBB, Keputusan Internasional Ada di Tangan Mereka

"Sampai saat ini kami masih melakukan investigasi bersama tim yang telah dibentuk baik itu dari Kementerian Hukum dan HAM, serta kepolisian, yakni, Polres diwilayah Tangerang lalu Polda Metro Jaya dan Polda Banten untuk mengejar yang bersangkutan dan menyelidiki kaburnya warga binaan tersebut," kata  Kepala Biro Humas Ditjen  Pemasyarakatan Kemenkumham, Rika Aprianti, Senin 21 September 2020.

Baca juga: Napi Kasus Narkoba Kabur Bikin Lubang Nyambung ke Gorong-gorong

Houthi Tuding Arab Saudi hingga Rusia, China dan Iran Mulai Satukan Kekuatan

Lanjut Rika, dalam proses investigasi itu, sudah dilakukan tahap pemeriksaan kepada warga binaan terkait yang artinya, berada dalam kondisi tersebut.

"Kita baru selesai melakukan pemeriksaan pada warga binaan yang terkait, dalam artian berada dalam kondisi tersebut, lalu nanti lanjut ke tahap periksa petugas. Sekali lagi, semua masih dalam pemeriksaan dan praduga tidak bersalah, kita tidak boleh gegabah agar dihasilkan hasil investigasi yang akurat," ujarnya. 

Jegal Ford Ranger dan Toyota Hilux, BYD Ikut Persiapkan Pikap Listrik Berbasis Hybrid

Rika menerangkan, dalam proses investigasi tersebut, pihaknya sangat patuh terhadap prosedur, agar hasil dari investigasi tersebut benar-benar akurat.

"Kita harus sesuai dengan prosedur dan memang tahap pemeriksaan ini tidak gampang, ada tahap-tahapan yang harus disesuaikan dan semua masih proses," ungkapnya.

Untuk diketahui, Cai Ji Fan, terpidana mati asal Cina ini berhasil melarikan diri usai menggali lubang di dalam Lapas Klas I Tangerang ,yang mana lubang tersebut terhubung dengan gorong-gorong saluran air yang ada di luar gedung Lapas Klas I Tangerang. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya