Banten Perpanjang PSBB Satu Bulan hingga 20 Oktober 2020

Gubernur Banten, Wahidin Halim
Sumber :
  • VIVA/Sherly

VIVA – Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di Banten kembali diperpanjang selama satu bulan ke depan. Hal itu tertuang dalam Keputusan Gubernur (Kepgub) Banten nomor 443/Kep.214-HUK/2020 tentang penetapan PSBB di Provinsi Banten dalam rangka percepatan penanganan COVID-19.

COVID-19 di Jakarta Naik Lagi, Total Ada 365 Kasus

"PSBB diperpanjang, sebulan. Pertimbangannya kondisi trend-nya masih naik. Kita bikin satu bulan kan masih ada pelonggaran-pelonggaran, masih bisa menyesuaikan, fleksibel," kata Gubernur Banten, Wahidin Halim, di kantornya, Senin, 21 September 2020.

Berdasarkan data dari Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten, total jumlah positif Corona mencapai 4.326 orang, dengan 1.405 masih dirawat, 2.756 sembuh dan 165 orang meninggal dunia.

Kasus COVID-19 di DKI Jakarta Naik Sejak November 2023

Baca juga: Anak Wali Kota Jambi Syarif Fasha Meninggal di RSCM Jakarta

Data harian yang dibagikan oleh Dinkes Banten, penambahan pasien positif Corona pada Minggu, 20 September 2020 bertambah 124 orang. Kemudian pada Sabtu, 19 September bertambah 179 orang dan pada 18 September bertambah 128 kasus.

Pakar Imbau, Waspadai Pandemi Disease X, Mematikan Dibanding COVID-19

"(PSBB tapi trend masih naik) itu biasa, tapi dengan PSBB menjadi dasar hukum perlindungan kita. Kalau harus lebih keras ya keras, kalau masih bisa ditoleransi ya ditoleransi. Yang penting masyarakat diajarkan bahwa dia harus disiplin," ujarnya.

Tiga gedung kosong milik Pemprov Banten di kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kota Serang, sedang dipersiapkan sebagai lokasi isolasi mandiri bagi warga Banten berstatus Orang Tanpa Gejala (OTG) Corona. Setiap gedung, memiliki empat lantai yang kini sedang dipasangi listrik.

Kemudian okupansi RSUD Banten sudah mencapai 60 persen, yang diisi oleh pasien positif Corona. Mantan wali kota Tangerang itu berharap rumah sakit di daerahnya tidak terisi penuh oleh pasien Corona.

"(RSUD Banten penuh) belum, jangan ngarepin penuh lah. Kapasitasnya 60 persen. Gedung-gedung baru masih kita siapkan  listriknya, mudah-mudahan tidak (terpakai). Ada empat lantai, tiga gedung," katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya