AHY Tunjuk Suami Arumi Bachsin Jadi Plt Ketua Demokrat Jatim

Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono, alias AHY di kantor tvOne.
Sumber :

VIVA - Ketua Umum Partai Demokrat, Agus Harimurti Yudhoyono alias AHY, menunjuk suami dari mantan aktris Arumi Bachsin, Emil Elestianto Dardak, sebagai pelaksana tugas ketua Partai Demokrat Jatim. Di Demokrat, wakil gubernur Jatim itu menggantikan Renville Antonio yang kini menempati posisi baru sebagai bendahara umum DPP Partai Demokrat.

SBY Absen di Acara Open House Jokowi, AHY Ungkap Alasannya

Renville mengatakan, Emil menjadi plt Demokrat Jatim berdasarkan keputusan langsung AHY selaku ketum Partai Demokrat. Menurutnya, AHY memiliki hak prerogatif dalam hal itu.

Kendati begitu, keputusan tersebut juga didasarkan pada keinginan para pimpinan cabang se-Jatim. “Keputusan langsung di ketua umum (AHY)," katanya dihubungi wartawan pada Selasa, 22 September 2020.

Prabowo Minta Demokrat Siapkan Kader Masuk Kabinet, AHY: Ini yang Kami Tunggu 9 Tahun

Baca juga: AHY soal Dinasti Politik: Asal Fair, Tak Ada Intervensi Kekuasaan

Emil ditunjuk sebagai plt Demokrat Jatim karena memiliki kontribusi besar terhadap partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono itu. Karena itu, para pimpinan cabang mengajukannya. Rupanya, lanjut Renville, keinginan para pimpinan cabang Demokrat disambut positif oleh Emil.

Di Depan AHY, Heru Budi Curhat Beratnya Pimpin Jakarta

“Emil mau kontribusi aktif di partai. Beliau sudah kader sejak dulu," ujarnya.

Emil akan memimpin Demokrat Jatim hingga pelaksanaan Musyawarah Daerah Demokrat Jatim digelar. Dalam waktu dekat ini, tugasnya yang utama ialah mengonsolidasikan pengurus dan kader Demokrat untuk pemenangan Pemilihan Kepala Daerah serentak 2020.

“Tugas Mas Emil, pertama, membantu memenangkan pilkada di Jatim. Kedua, branding partai dan menjalankan roda partai saja,” tutur Renville.

Emil Dardak memang sudah lama mesra dengan Demokrat. Ia berhasil menjadi bupati Trenggalek periode 2015-2020 setelah maju diusung, di antaranya, oleh Demokrat. Mengundurkan diri di tengah periode, Emil lantas maju sebagai calon wakil gubernur Jatim mendampingi Khofifah Indar Parawansa pada 2018.

Di Pilgub Jatim, ia juga didorong oleh Demokrat. Ia kemudian secara resmi menjadi anggota partai berlambang bintang mercy itu. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya