Pendeta Tewas Tertembak, Kapolda Papua: Tidak Mungkin Dilakukan TNI

Kapolda Papua Irjen Paulus Waterpauw
Sumber :
  • Istimewa

VIVA – Meninggalnya pendeta bernama Yeremia Zanambani di Hitadipa, Kabupaten Intan Jaya, Papua jadi perhatian publik. Ada isu yang menyebut Yeremia tewas tertembak oleh Tentara Nasional Indonesia (TNI).

TNI Pasti Profesional Tangani Kasus Oknum Diduga Aniaya Anggota KKB Papua

Terkait itu, Kapolda Papua Inspektur Jenderal Polisi Paulus Waterpauw menyampaikan pelaku penembakan itu bukan aparat TNI. Sebab, wilayah penembakan tersebut dikuasai Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

Ia mengatakan, banyak tudingan yang menyebut bahwa pelaku penembakan adalah aparat TNI-Polri. Padahal, di lokasi kejadian itu tak ada anggota TNI-Polri yang bertugas.

Viral Penampakan Masjid dan Gereja Berada di Kedalaman 1.760 Meter Perut Bumi

“Tetapi wilayah itu adalah basis yang ditempati lima kelompok dari KKB,” kata Paulus kepada wartawan, Selasa, 22 September 2020.

Baca Juga: PGI Curigai Pendeta di Papua Ditembak TNI, Bukan KKSB alias OPM

Terpopuler: Bobby Nasution Tutup Klub Malam, TNI Tangkap Anggota KKB hingga Viral Pelaku Terorisme

Dia mengimbau kepada para tokoh Papua agar tidak berkomentar atau menuding aparat keamanan. Ia meminta agar semua pihak mendukung kinerja aparat TNI-Polri dalam penegakan hukum di Bumi Cendrawasih.

Paulus pun secepatnya akan berkoordinasi dengan Pangdam Kodam XVII Cenderawasih untuk membahas persoalan ini.

"Dan, mengambil langkah cepat dalam penanganan terhadap kelompok separatis. Di mana kita akan fokus penambahan anggota di sana untuk melakukan upaya penegakan hukum terhadap KKB,” ujarnya.

Selain itu, ia menekankan penembakan tersebut terkesan dipolitisasi oleh beberapa oknum karena menjelang sidang umum Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).

“Ini propaganda yang dilakukan mengingat akan digelarnya sidang PBB, dan kita semua paham tentang itu. Jadi beberapa para pihak yang mencoba mendramatisasi kejadian tersebut," ujarnya.

Dia menegaskan, sangat tak mungkin jika aparat sebagai pelaku penembakan Yeremia. Meski demikian, kepolisian masih melakukan pendalaman dengan olah tempat kejadian perkara (TKP).

"Sangat tidak mungkin penembakan tersebut dilakukan aparat TNI-Polri. Karena kita ketahui bersama KKB telah menguasai wilayah tersebut. Namun, semua kepastian itu akan dilakukan dengan olah TKP dengan mengumpulkan alat dan bukti-bukti,” ujar eks Kapolda Sumatera Utara itu.

Paulus melanjutkan, beberapa teror yang dilakukan KKB berimbas kepada penerbangan maskapai yang enggan membawa aparat keamanan TNI-Polri. Pertimbangan maskapai karena faktor keselamatan. 

Dia menambahkan alasan maskapai enggan mengangkut aparat karena beredar ancaman dan teror yang dilontarkan Juru Bicara Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat (TPNPB) Organisasi Papua Merdeka (OPM), Sebby Sambon,

Dalam video tersebut, Sebby mengatakan prajurit dari TPNPB OPM tak segan-segan menembaki pesawat yang mengangkut aparat keamanan. 
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya