Prof Wiku: Kegiatan Pilkada Sudah Sumbang Kasus Positif COVID-19

Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Wiku Adisasmito
Sumber :
  • BNPB

VIVA – Satuan Tugas Penanganan COVID-19 terus memperingatkan soal kerumunan massa selama masa tahapan Pilkada Serentak 2020. Menurut Juru Bicara Satgas, Wiku Adisasmito, penambahan kasus positif di Tanah Air belakangan ini juga disumbangkan oleh aktivitas Pilkada, baru-baru belakangan.

"Kami masih melihat penambahan kasus positif yang cukup tinggi dan ini juga terkait dengan Pilkada," ujar Wiku, Jumat, 25 September 2020.

PDIP Blacklist Bobby Nasution di Pilkada Sumatera Utara

Baca juga: Prof Wiku: 7 dari 67 Rumah Sakit di Jakarta Sudah Terisi 100 Persen

Wiku mengatakan, calon kepala daerah seharusnya memberi contoh baik. Kerumunan dan kegiatan yang berpotensi terjadi penularan harusnya dihindari. Penambahan kasus positif, juga disebutkan Wiku, karena masih banyak masyarakat belum displin menjalani protokol kesehatan.

"Sudah sepatutnya bahwa wakil rakyat yang dipilih oleh rakyat betul-betul dapat melindungi rakyatnya, keselamatan rakyatnya. Sehingga semua pesta demokrasi bisa dijalankan dengan baik," katanya.

Ahli penyakit infeksi ini mengatakan, perang melawan wabah virus berbahaya Corona tidak mudah. Perlu ada kerja bersama, dan komitmen semua pihak. Menurut Wiku, KPU sendiri lewat PKPU sudah mengatur dan menuliskan sanksi bagi siapa pun kandidat yang masih menggelar konser atau kegiatan yang menggundang banyak orang.

"Sehubungan dengan itu, kami mengapresiasi langkah KPU, yang merevisi peraturan dan menerbitkan sanksi bagi para calon kepala daerah," ujar Wiku.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai
Dave Laksono.

Respons Hasto, Golkar Pastikan Dukung Menantu Jokowi di Pilgub Sumut

Ketua DPP Partai Golkar Dave Laksono menegaskan bahwa menantu Presiden Jokowi sekaligus Wali Kota Medan Bobby Nasution sudah mendapatkan surat tugas maju di Pilgub Sumut.

img_title
VIVA.co.id
14 April 2024