Jokowi Resmikan Tol Pekanbaru-Dumai Secara Virtual dari Istana Bogor

Suasana saat progres proyek Jalan Tol Pekanbaru-Dumai
Sumber :
  • ANTARA FOTO/FB Anggoro

VIVA – Presiden Joko Widodo meresmikan tol Pekanbaru-Dumai sepanjang 131 kilometer, hari ini. Peresmian tol yang bagian dari Trans Sumatera ini digelar secara virtual dari Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat.

Sebelumnya, kegiatan Jokowi turun langsung ke lokasi, terakhir dilakukan saat Kepala Negara meresmikan Bandara Internasional Yogyakarta dan jalan tol di Aceh, Agustus lalu.

"Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim, saya resmikan jalan tol Pekanbaru-Dumai," ujar Jokowi saat secara seremonial meresmikan tol tersebut, Jumat 25 September 2020.

Jokowi mengatakan, diresmikannya tol ini bersamaan dengan pengoperasian jalan bebas hambatan tersebut secara penuh. Adapun pembangunan infrastruktur ditujukan untuk meningkatkan konektivitas di sekitar wilayah Sumatera.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Baca juga: Usaha Kuliner dari Rumah Menggeliat di Tengah COVID-19

Sebanyak 70 kilometer perjalanan terpangkas dengan hadirnya tol, karena memperpendek jarak tempuh antarsatu wilayah dengan yang lainnya.

"Sudah bisa digunakan untuk mendukung kegiatan produktif baik untuk masyarakat Riau maupun masyarakat yang melintasi Pulau Sumatera," tutur Presiden.

Jokowi pun menyebutkan salah satu manfaat tol dibangun. Yakni, kecepatan bagi truk-truk pengangkut komoditas kelapa sawit, minyak, dan logistik ke tempat tujuan. Pembangunan tol menelan anggaran hingga Rp12,8 triliun.

"(Juga) angkutan penumpang akan lebih efisien, baik dari segi waktu dan biaya," kata Jokowi. (art)

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby
Prabowo-Gibran di Penetapan Presiden-Wapres Terpilih di KPU

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka setelah ditetapkan sebagai Presiden dan Wakil Presiden 2024 terpilih oleh KPU RI di Ist

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024