3 Perawat Positif Corona, Layanan IGD Rumah Sakit Abdul Manap Ditutup

Petugas medis menggunakan alat pelindung diri (APD). (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A

VIVA – Tiga perawat RSUD Abdul Manap, Kota Jambi dilaporkan terpapar positif Corona COVID-19. Imbasnya, layanan Instalasi Gawat Darurat (IGD) rumah sakit itu ditutup sementara guna memutus rantai penyebaran virus mematikan tersebut.

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Informasi dihimpun VIVA, Sabtu, 26 September 2020, tiga perawat dinyatakan positif setelah hasil uji swab dari Jakarta.

Wakil Wali Kota Jambi, Maulana membenarkan ada petugas kesehatan IGD RS Abdul Manap positif Corona. Status ketiganya saat ini sedang menjalani perawatan intensif.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

"Ya benar ada. Tiga petugas kesehatan positif Corona setelah uji swab keluar dari labolatorium Jakarta dan sudah dirawat intensif," ujar Maulana.

Baca Juga: Karni Ilyas Sidak Fasilitas Penanganan COVID-19 Milik Tomy Winata

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Dia mengatakan, untuk menjaga keamanan IGD dalam memutus penyebaran COVID-19, Tim Gugus Tugas Kota Jambi akan mensterilkan rumah sakit dengan baik. Pun, petugas kesehatan akan dilakukan pemeriksaan kesehatan serta uji swab untuk memastikan kondisi aman.

"Kita akan sterilkan dengan baik. Dan, yang kedua seluruh tenaga kesehatan kita lakukan pemeriksaan kesehatan dan swab guna memutus rantai penyebaran COVID-19 di rumah sakit," jelasnya.

Maulana menambahkan, untuk sementara pelayanan IGD di RSUD Abdul Manap ditutup. Bagi warga yang membutuhkan pelayanan darurat bisa mendatangi rumah sakit lain.

Namun, ia memastikan untuk pelayanan rawat jalan di RSUD Abdul Manap tetap berjalan seperti normal.

Terpisah, anggota tim gugus tugas penanganan COVID-19 Kota Jambi, Abu Bakar membenarkan tiga petugas kesehatan positif Corona dan sudah dirawat intensif. IGD ditutup hingga 3 Oktober 2020.

"Yang tiga positif Corona itu yakni perawat dan IGD ditutup sampai tanggal 3 Oktober 2020 guna memutus penyebaran COVID-19," kata Abu Bakar.

Sementara, data dari tim gugus tugas penanganan COVID-19 Jambi, sampai saat ini, pasien positif Corona mencapai 153 orang. Pun, pasien sembuh sudah 263 orang. Kemudian, meninggal bertambah 1 sehingga total 9 orang.

"Kita harapkan semua pasien positif Corona khususnya di Jambi cepat sembuh dan kepada masyarakat selalu mematuhi protokol kesehatan guna memutus rantai penyebaran COVID-19," ujar Juru Bicara Penanganan COVID-19 Provinsi Jambi, dr. Johansyah.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya