Tsunami Sudah Beberapa Kali Terjang Selatan Jawa, Ini Data BMKG

Warga berjalan di dekat rambu peringatan bencana tsunami.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Irwansyah Putra

VIVA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyampaikan tsunami sebenarnya sudah beberapa kali terjadi di wilayah selatan Jawa. Catatan BMKG, setidaknya tsunami pernah tujuh kali di wilayah Selatan Jawa termasuk tahun 2006.

BNPB Turun Langsung Tangani 9 Wilayah di Jateng Berstatus Tanggap Darurat Bencana

Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Daryono menjelaskan demikian karena muncul laporan ahli Institut Teknologi Bandung (ITB) terkait potensi munculnya potensi ancaman tsunami 20 meter. Potensi ini disebut terjadi di wilayah zona megathrust selatan Pulau Jawa.

"Sudah beberapa kali terjadi tsunami. Bukti adanya peristiwa tsunami selatan Jawa dapat dijumpai dalam katalog tsunami Indonesia BMKG, di mana tsunami pernah terjadi diantaranya tahun 1840, 1859, 1921, 1921, 1994, dan 2006," kata Daryono, dalam keterangan resminya yang dikutip Minggu, 27 September 2020.

Mengenal Badai Siklon Tropis, Penyebab Cuaca Ekstrem di Indonesia

Baca Juga: Potensi Tsunami 20 Meter, BMKG Sebut Masyarakat Awam Gempa Megathrust

Dia menjelaskan selain data itu, hasil paleotsunami juga membenarkan adanya jejak tsunami yang berulang terjadi di selatan Jawa pada masa lalu.

Pagi Hari Langit Jakarta Mendung, Hujan Ringan Bakal Mengguyur

Menurutnya, beberapa kali selatan Jawa dilanda tsunami sebagai risiko yang harus dihadapi karena tinggal dan hidup di antara pertemuan batas lempeng tektonik. 

"Sehingga mau tidak mau, suka tidak suka, inilah risiko yang harus dihadapi. Apakah dengan kita hidup berdekatan dengan zona megathrust lantas kita selalu dicekam rasa cemas dan takut? Tidak perlu, karena dengan mewujudkan upaya mitigasi yang konkret maka kita dapat meminimalkan risiko," ujar Daryono.

Terkait megathrust Selatan Jawa, merujuk buku Peta Sumber dan Bahaya Gempa Indonesia tahun 2017 disebutkan bahwa di Samudra Hindia Selatan Jawa terdapat 3 segmentasi megathrust. Ketiga segmentasi itu yakni Segmen Jawa Timur, segmen Jawa Tengah-Jawa Barat, dan Segmen Banten-Selat Sunda. 

Ketiga segmen megathrust ini memiliki magnitudo tertarget M8,7. 

Namun, jika skenario model dibuat dengan asumsi 2 segmen megathrust yang bergerak secara simultan maka magnitudo gempa yang dihasilkan bisa lebih besar dari 8,7.

Menyangkut ancaman tsunami 20 meter yang ramai belakangan ini, ia menekankan hal itu sebagai potensi skenario terburuk. Ia menyebut hal itu bukan ancaman yang terjadi dalam waktu dekat.

"Besarnya magnitudo gempa yang disampaikan tersebut adalah potensi skenario terburuk (worst case) bukan prediksi yang akan terjadi dalam waktu dekat, sehingga kapan terjadinya tidak ada satu pun orang yang tahu," ujarnya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya