Klaster COVID-19 Pesantren di Kuningan, 46 Santri Positif Corona

Gubernur Jabar Ridwan Kamil bicara soal klaster COVID-19 pesantren
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Penularan virus Corona di Jawa Barat mulai merambah ke zona pesantren. Kali ini, klaster penularan COVID-19 pesantren terjadi di Kabupaten Kuningan.

IPK 2,77 dan Lulusan ITB, Ridwan Kamil: Saya Pasti Enggak Bisa Kerja di KAI, tapi Buktinya...

Seperti diketahui, sebanyak 46 santri Pesantren Husnul Khotimah di Kuningan dinyatakan positif COVID-19 dan tengah menjalani isolasi mandiri. Imbas dari kasus tersebut, gugus tugas Provinsi Jawa Barat memberlakukan pengetesan PCR secara massal di Kota Cirebon, Kabupaten Cirebon, Kabupaten Indramayu, Kabupaten Majalengka, dan Kabupaten Kuningan (Ciayumajakuning).

Baca juga: Memang Beda, Maling di Johar Baru Hanya Angkut Tabung Gas Melon 

Sekda Depok Maju Pilkada, Minta Dukungan Ridwan Kamil

"Di Jawa Barat sekarang ada klaster pesantren di Kuningan yang minggu ini kita lakukan pengetesan massal sesuai pola di wilyah Ciayumajakuning karena di beberapa wilayah itu terjadi peningkatan kasus," ujar Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil di Bandung, Senin 28 September 2020.

Ridwan Kamil menerangkan, penularan terjadi diduga karena mobilitas orang di kawasan tersebut masih bergerak. "Yang kami temukan karena masih ada keluar masuk, kalau yang sifatnya bermukim itu relatif lebih terkendali," katanya.

Tuding Pj Gubernur Jawa Barat Tidak Netral saat Pemilu 2024, Hakim MK: Tak Ada Saksinya

Tidak hanya itu, pergerakan pelajar atau santri yang memiliki kontak dengan orang luar diduga menjadi penyebab. "Ada kasus-kasus tercampur dengan sekolah umum dan orangnya tidak bermukim di wilayah pesantren. Sudah kami tugaskan fokus PCR ke zona pesantren," katanya.

Untuk mempercepat memutus mata rantai penularan, Gugus Tugas COVID-19 memberlakukan
Pembatasan Sosial Berskala Mikro (PSBM). "Di Kuningan sudah berlakukan PSBM, yaitu pembatasan desa dan kecamatan," lanjut gubernur. (ren)
 

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Survei di Atas 50 Persen, Elite Golkar Dorong Ridwan Kamil Maju Pilgub Jabar Ketimbang Jakarta

Wakil Ketua Umum DPP Partai Golkar Ahmad Doli Kurnia mengatakan Golkar cenderung mendorong Ridwan Kamil (RK) maju di Pilkada Jawa Barat ketimbang DKI Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
25 April 2024