Menteri PAN-RB Ungkap Rahasia Operasi Intelijen Cegah Klaster COVID-19

BIN menggelar pemeriksaan kesehatan deteksi dini penyebaran COVID-19 dengan metode swab terhadap para pegawai Kementerian Sosial di Jakarta, Rabu, 26 Agustus 2020. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • VIVA/Vicky Fazri

VIVA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Tjahjo Kumolo mengatakan inisiatif Badan Intelijen Negara (BIN) dalam penanganan COVID-19 merupakan langkah nyata lembaga negara secara gotong royong menangani pandemi virus corona.

PYCH Binaan BIN Buat Kegiatan Rutin di Papua: Pengembangan Wisata hingga Usaha

“Peran BIN dalam penanganan dan pencegahan penyebaran COVID-19 patut diapresiasi, terutama dalam mencegah klaster di perkantoran sampai daerah dan pada kelompok-kelompok masyarakat,” kata Tjahjo kepada wartawan, Senin, 28 September 2020.

Prosedur pemeriksaan BIN untuk mengetahui seseorang terinfeksi corona atau tidak, menurut Tjahjo, sangat akurat karena ditunjang peralatan yang berkualitas dan didampingi para ahli yang kompeten. “Standar tes yang digunakan BIN sangat ketat; standarnya lebih tinggi dari lembaga atau institusi lain,” katanya.

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Baca: Intelijen Bocorkan Sumber Alat Swab Test

Mengenai pelaporan dalam menggelar kegiatan tes massal di berbagai titik, BIN berkoordinasi dengan pemerintah daerah setempat, termasuk Dinas Kesehatan serta Gugus Tugas Daerah untuk membantu menentukan lokasi-lokasi yang menjadi klaster penyebaran COVID-19.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

“Dan, sejak Satgas Intelijen Medis beroperasi pada bulan April 2020, BIN selalu melaporkan hasil tes swab yang selama ini dilakukan kepada Kemenkes dan Gugus Tugas Penanganan COVID-19,” katanya.

Dalam tugas penanganan COVID-19, BIN sebagai lini terdepan keamanan nasional begerak sesuai amanat Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen Negara. Berdasarkan undang-undang itu BIN berkewajiban membantu pemerintah.

Anggota DPR RI fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus di KPK

KPK Periksa Anggota DPR Fraksi PDIP Ihsan Yunus soal Dugaan Korupsi APD di Kemenkes

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) melakukan pemeriksaan terhadap Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus terkait kasus dugaan korupsi Alat Pelindung Diri (APD)

img_title
VIVA.co.id
18 April 2024