Ridwan Kamil Pastikan 18 Hotel di Jabar Siap Tampung OTG COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil
Sumber :
  • VIVA/Adi Suparman

VIVA – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil mengungkapkan terdapat 18 hotel yang sudah disiapkan menjadi tempat isolasi orang tanpa gejala (OTG) positif virus Corona (COVID-19).

Kapten Vincent Kena Flu Singapura Sampai Bernanah: Lebih Sengsara dari COVID!

15 hotel disiapkan dan berlokasi di Bandung raya, sedangkan tiga hotel berada di kawasan Bodebek (Bogor, Depok, dan Bekasi) untuk meng-cover pasien OTG di area tersebut.

Baca juga: 637.102 Pelanggar Protokol Kesehatan di Jabar, Terbanyak Perorangan

Mau Traveling ke Negara Asean? Ada Promo Terbang Gratis Sepuasnya Hingga Diskon Hotel

"Dalam rangka pengisolasian OTG, sedang dikoordinasikan ada 15 hotel di Bandung Raya dan tiga hotel sementara di Bodebek yang akan dipergunakan untuk isolasi," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Jabar pada Selasa 29 September 2020.

Ridwan Kamil menambahkan, ketersediaan fasilitas hotel ini didanai pemerintah pusat. Namun, Ridwan Kamil mempertanyakan klasifikasi hotel yang akan digunakan.

KPK Cecar Fadel Muhammad soal Dugaan Kasus Korupsi APD di Kemenkes RI

"Yang bayarnya itu pemerintah pusat, jadi koordinasinya tidak bisa kami putuskan langsung untuk memastikan juga kontraknya gimana? Harganya gimana," kata dia.

Terlebih lanjut Ridwan Kamil, hotel yang digunakan berada dalam kondisi siap bekerjasama menangani pasien COVID-19. "Kasihan hotel yang sudah siap, karena meng-cancel tamu - tamu umum," lanjutnya.

Seperti diketahui, pemerintah menggandeng sejumlah hotel untuk isolasi pasien positif covid-19 dengan gejala ringan atau tanpa gejala. Kerja sama telah terbentuk di lima daerah dengan kasus positif covid-19 tertinggi di Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf), Wishnutama Kusubandio menyebut, pemerintah menganggarkan sebesar Rp100 miliar untuk kerja sama tersebut. Kemenparekraf menyiapkan anggaran sebesar Rp100 miliar untuk menyiapkan akomodasi setara hotel bintang 3 termasuk fasilitas makan minum dan laundry tiap harinya bagi tiap pasien COVID-19.

Untuk tahap awal, pemerintah memprioritaskan hotel di Jakarta dan Bali. Kemudian menyusul di Sumatera Utara, Jawa Barat, dan Kalimantan Selatan.

Sementara ini hotel yang secara protokol kesehatan sudah siap adalah Yellow Hotel, Ibis Hotel, Pop Hotel, Mercure Hotel, dan Novotel untuk Jabodetabek. Lalu ada Ibis Kuta Bali dan Novotel Banjarbaru Kalimantan Selatan. (ren)
 

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya