Saat Presiden Jokowi Kampanye Pakai Masker Lewat Medsos

Presiden Joko Widodo (kedua kanan) didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin (kanan) bersiap memimpin rapat kabinet terbatas mengenai percepatan penanganan dampak pandemi COVID-19 di Istana Merdeka, Jakarta, Senin (13/7/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/Pool

VIVA – Presiden Joko Widodo membagikan cerita banyak orang mengenakan masker di masa pandemi COVID-19. Jokowi menampilkan karya foto milik Kristianto Budi Wibowo, seorang dokter asal Rembang Jawa Tengah.

Istana Tegaskan Jokowi Tidak Ada Agenda Kunjungan Kerja ke Surabaya

"Memotret orang-orang yang tetap harus berkegiatan di pasar ini, dan mengirimkannya kepada saya. Dan inilah hasilnya: di tengah pandemi yang mengancam ini, orang-orang itu berkegiatan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat, mengenakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak," kata Jokowi seperti dikutip VIVA lewat akun Instagram miliknya, Selasa, 29 September 2020.

Baca juga: Ketua KPU Makassar Positif COVID-19

Budi Gunadi Klaim Berhasil Jadi Menkes Karena Jokowi Tidak Pernah Masuk Rumah Sakit

Jokowi menampilkan kolase foto dalam video pendek. Banyak kegiatan masyarakat yang menginsipirasi terekam dengan menggunakan masker. 

Jokowi menyebut bahwa selama tujuh bulan sudah semua negara termasuk Indonesia berusaha melawan virus. Laiknya sebuah perang, kata dia,  semua orang terlibat, dari aparat pemerintah, karyawan swasta, militer dan polisi, dan masyarakat umum.

Jokowi Akui 90 Persen Bahan Produksi Farmasi Masih Impor

Perang ini, disebut Kepala Negara, telah memakan korban, dan merasuk jauh ke urusan di luar kesehatan, terutama sektor ekonomi.

"Mereka adalah pahlawan-pahlawan yang tak kelihatan. Mereka bermasker dengan kesadaran sendiri, bukan karena imbauan, aturan, atau penertiban aparat. Mereka ikut ambil peranan menahan laju pandemi, demi kehidupan keluarga, lingkungan, dan negeri ini," kata dia.

Jokowi mengatakan, situasi semacam perang seperti ini kehidupan harus tetap berjalan. Perekonomian harus terselamatkan seraya menunggu vaksin dan obat-obatan. Pada kesempatan ini, Jokowi juga mengkampanyekan agar masyarakat saling memberi inspirasi.

"Anda yang punya foto-foto atau video dengan latar cerita yang bertema pandemi, memberi inspirasi, dan mengajak warga untuk hidup sehat, silakan kirim kepada saya melalui Info@indonesia-bermasker.id. Cerita foto atau video terpilih akan dimuat di akun media sosial resmi Presiden Republik Indonesia," tutur Jokowi.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya