Puan Maharani Minta Pemerintah Turunkan Tarif Swab Test Corona

Ketua DPR Puan Maharani menyampaikan pidato pengantar dalam rangka Sidang Bersama DPR-DPD di Ruang Rapat Paripurna, Komplek Parlemen, Jakarta, Jumat (14/8/2020).
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

VIVA – Ketua DPR RI, Puan Maharani meminta pemerintah mengendalikan harga swab test, sebagai salah satu langkah pengendalian dan penanganan penyebaran Virus Corona atau COVID-19. Dengan harga swab test yang murah akan mendorong masyarakat melakukan tes secara mandiri.

Gerindra Sebut Dasco dan Puan Faktor Penting Percepatan Rekonsiliasi Politik

“Mengimbau pada pemerintah agar pelaksanaan tes swab harganya bisa diturunkan, ada standarisasi harga. Kalau harganya diturunkan, ini akan mendorong masyarakat untuk melakukan tes swab secara mandiri,” kata Puan, kepada wartawan, Selasa, 29 September 2020.

Politikus PDIP ini percaya bila harga test swab lebih terjangkau, maka kesadaran masyarakat untuk memeriksakan dirinya akan meningkat. Dengan demikian pengendalian penyebaran COVID-19 dapat dilakukan dengan hasil yang lebih baik.

Hasto PDIP: Mbak Puan Ketua DPR Selanjutnya Sesuai Arahan Ibu Megawati

Baca juga: Vaksinasi Corona Ditargetkan Januari 2021, Siapa yang Diprioritaskan?

“Terkait tes swab yang saat ini sudah mulai dilakukan massal, kalau nanti harganya diturunkan, sehingga bisa membuat masyarakat punya kesadaran untuk tes mandiri, itu akan lebih baik,” ujarnya.

Puan Maharani Ingatkan Pemudik Hati-hati karena Jutaan Orang Akan Mudik

Puan menegaskan, penanganan pandemi COVID-19 harus dilakukan secara menyeluruh, dengan koordinasi yang baik antara pemerintah pusat dan daerah. Selain itu perlu kesadaran masyarakat juga harus terus ditingkatkan untuk memutus mata rantai COVID-19.

Khususnya dengan disiplin menjalankan protokol kesehatan yaitu mengenakan masker, menjaga jarak, dan sering mencuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir.

“Saya minta penanganan COVID-19 punya standarisasi atau pakem yang jelas di seluruh Indonesia, sehingga penanganannya akan bermanfaat dan secara komprehensif menjadi satu kesatuan gotong royong menangani COVID-19 secara menyeluruh,” katanya.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya