Nadiem Makarim Instruksikan Peringati Kesaktian Pancasila via Virtual

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Anwar Makarim. (Foto ilustrasi)
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Aprillio Akbar

VIVA – Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Anwar Makarim mengeluarkan surat edaran terkait peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang ditandatangani Senin, 28 September 2020. Surat itu ditujukan kepada kementerian, lembaga dan gubernur, wali kota, serta bupati. 

Singapore PM Lee Hsien Loong to Resign After Two Decades on Duty

Dalam surat itu, Nadiem menyebutkan bahwa tema upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 adalah "Indonesia Maju Berlandaskan Pancasila".

Penyelenggaraan upacara di tingkat pusat: Hari, Kamis, 1 Oktober 2020, pukul: 08.00 WIB sampai dengan 08.30 WIB: Monumen Pancasila Sakti, Jalan Raya Pondok Gede, Lubang Buaya, Jakarta Timur.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Baca: PKS Serukan Para Orang Tua Dampingi Anak Nonton Film G30S/PKI  

Sehubungan dengan situasi pandemi COVID-19 penyelenggaraan upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila tahun 2020 di tingkat pusat, daerah dan kantor perwakilan Republik Indonesia di Iuar negeri diatur khusus.

Salat Id di Masjid Agung Al-Azhar, JK Ngaku Senang Lebaran Kali Ini Ramai

Menteri, pimpinan lembaga negara, instansi pusat beserta pimpinan tinggi madya atau sederajat wajib mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

Kemudian, kepala daerah/Forum Koordinasi Pimpinan Daerah, kantor lembaga yang ada di daerah wajib mengikuti upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila yang dilaksanakan di Monumen Pancasila Sakti Jakarta secara virtual dari kantor masing-masing.

"Setiap kantor instansi pusat dan daerah, kantor perwakilan Republik Indonesia di luar negeri serta seluruh komponen masyarakat Indonesia pada tanggal 30 September 2020 agar mengibarkan bendera setengah tiang dan tanggal 1 Oktober 2020 pukul 06.00 waktu setempat, bendera berkibar satu tiang penuh," tulis Nadiem dalam surat edaran itu.

Selanjutnya, Nadiem menuturkan, pada 30 September 2020, masyarakat agar mendengarkan pidato menteri Pendidikan dan Kebudayaan melalui berbagai kanal media massa (televisi, radio, dan media daring). 

Pedoman penyelenggaraan peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2020 dapat diunduh melalui Kemdikbud.go.id. (art)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya