Dikeluhkan DPR, Kapolri Sebut Kapolres kayak Raja Kecil di Wilayah

Kapolri Jenderal Polisi Idham Azis.
Sumber :
  • VIVAnews/ Anwar Sadat.

VIVA – Kapolri Jenderal Idham Azis mengatakan, bakal menegur bahkan mencopot jajarannya apabila tidak bisa berkoordinasi dan berkomunikasi secara baik dengan mitra kerja Komisi III DPR RI. Biasanya, kata dia, kapolres itu sudah menjadi raja kecil biasanya di wilayahnya.

Pembunuhan di Wonogiri Ternyata Motifnya Sakit Hati, Korban Tidak Boleh Balikan dengan Mantan

“Saya sudah sampaikan para kapolda dan kapolres, tapi biasa para kapolres kalau di wilayah kaya raja kecil. Biasa itu,” kata Idham saat rapat kerja virtual dengan Komisi III DPR pada Rabu, 30 September 2020.

Baca: Kapolri Ingin Tempeleng Pilot Helikopter yang Bubarkan Pendemo

Brigjen Nurul Bicara Strategi STIK Lemdiklat Cetak Pemimpin Polri yang Mumpuni

Kapolri telah memerintahkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy Pramono untuk mendata siapa kapolda dan kapolres yang masih susah dihubungi, padahal tidak ada susahnya merespons komunikasi dan menyambut mitra Komisi III DPR.

“Saya sudah tegur kapolda dan kapolres, direktur intelkam. Saya sudah bilang, masa kalau hanya balas WA (WhatsApp) dan menyambut teman-teman Komisi 3 saja tidak sanggup atau tidak mau lihat. Saya saja jam 2 malam masih balas WA,” ujarnya.

Ternyata Syarat Usia Minimal Punya SIM Tidak Semuanya 17 Tahun, Cek Aturannya

Namun, Kapolri meminta kepada mitra Komisi III DPR untuk tidak khawatir. Tentu, Idham punya cara sendiri untuk menegur jajarannya bahkan mengancam bakal merotasi dan mutasi mereka.

“Tenang saja. Saya masih ada satu lemari marah saya kalau ke kapolda dan kapolres. Kalau dia kurang jelas, saya yang bikin jelas. Kalau masih kurang jelas, saya carikan pemain cadangan,” ujarnya.

Ilustrasi sidang kode etik anggota polisi

5 Polisi di Kolaka Ditangkap karena Keroyok Warga hingga Babak Belur, Kapolres Minta Maaf

Di lokasi kejadian, 5 polisi tersebut berlagak preman dengan menodong senpi ke korban lalu menghajar secara membabi buta.

img_title
VIVA.co.id
23 April 2024