Ridwan Kamil Bilang Pemerintah Sudah Simulasi Logistik Vaksin COVID-19

Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.
Sumber :
  • VIVAnews/ Adi Suparman (Bandung)

VIVA – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, kembali menjalani tahapan uji klinis fase ketiga vaksin COVID-19 buatan perusahaan biofarmasi asal China, Sinovac. Kali ini, tahapan berlanjut pada pengambilan sampel darah setelah melewati tahapan penyuntikan vaksin Sinovac dua kali.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

"Dalam istilah disebut F3: itu adalah proses pengambilan darah dari para relawan setelah dua kali penyuntikan vaksin. Standar pengambilan darah di kiri, di kanan; urat nadi saya lebih mudah ditemukan di kanan," ujar Ridwan Kamil di Bandung, Rabu, 30 September 2020.

Ridwan Kamil berharap, sampel yang diambil diharapkan memberi petunjuk positif untuk rencana produksi massal vaksin buatan Sinovac. Hasil uji klinis diharapkan dapat meningkatkan antibodi sebesar 90 persen sehingga bisa dikategorikan memiliki imunitas terhadap COVID-19.

Terpopuler: Penumpang Kendaraan Dicari Netizen, Mobil Baru Harga Rp60 Jutaan

Baca: Fadli Zon Usul Menteri Kesehatan Diistirahatkan

Pengambilan sampel darah tidak sekali melainkan beberapa kali dan yang terakhir dijadwalkan pada Desember 2020. Apa pun hasilnya akan diteliti.

Zara Unggah Foto Tanpa Hijab Lagi Dipuji Netizen: Cantiknya Kebanyakan!

“Kalau kesimpulan baik, produksi vaksin bisa dimulai di Bio Farma. Saya juga sudah memonitor pemerintah pusat sedang simulasi logistik karena tanah Indonesia yang berkepulauan ini kuncinya ada di distribusi logistik," ujarnya. (art)

Ridwan Kamil dan Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto.

Airlangga Tugaskan RK Maju Pilkada Jakarta, Bobby di Sumut dan Khofifah Jatim

Nama Ridwan Kamil alias RK jadi calon kuat yang akan digadang-gadang sebagai bakal cagub Golkar untuk Pilkada Jakarta.

img_title
VIVA.co.id
16 April 2024