Ormas Islam Gelar Nobar Film G30S/PKI di Masjid Dekat Rumah Jokowi

Sejumlah elemen umat Islam menghadiri kegiatan nonton bareng film G30S/PKI di Masjid Mujahidin yang tak jauh dari kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di Solo pada Rabu malam, 30 September 2020.
Sumber :
  • VIVA/Fajar Sodiq

VIVA – Sejumlah elemen umat Islam di Solo menghadiri kegiatan nonton bareng (nobar) film G30S/PKI yang digelar di Masjid Mujahidin yang letaknya tak jauh dari kediaman pribadi Presiden Joko Widodo di Solo pada Rabu malam, 30 September 2020. 

Pergerakan Pemudik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang, Menhub Budi Beberkan Catatan dari Jokowi

Masjid Muhajidin terletak di kawasan Banyuanyar, Banjarsari, Solo. Jarak antara masjid dengan rumah pribadi Jokowi yang beralamat di Jalan Kutai Utara Sumber, Banjarsari, Solo.

Humas Panitia Nobar dan Tabligh Akbar, Endro Sudarsono, mengatakan kegiatan nobar film dihadiri sekitar seratusan orang. Mereka berasal dari berbagai elemen umat Islam di Solo, seperti dari Dewan Syariah Kota Surakarta, Gerakan Bela Negara Solo Raya, dan Koordinator Umat Islam Banyuanyar.

Survei LSI: Tingkat Kepuasan Publik pada Jokowi Naik 76,2 Persen

"Acara nobar digelar di dalam masjid dan panitia juga mengantisipasi jika di dalam lebih nanti di luar disiapkan kursi," katanya.

Baca: Syahganda KAMI Ditanya Bukti Kebangkitan PKI: Hanya Rasakan Gejalanya

3 Faktor Pemicu Approval Rating Jokowi Masih Tinggi Versi Survei LSI

Panitia nobar menyiapkan empat layar yang terdiri dari dua di dalam masjid, satu layar di ruang perempuan, dan satu layar di luar masjid. Namun sebelum acara nobar, diisi tablig akbar atau pengajian dan testimoni dari saksi sejarah. Nobarnya itu proporsinya kecil jadi lebih banyak ke testimoni, pengajian dan studi literatur PKI," ujar Endro.

Menurut dia, untuk memanjakan para peserta nobar yang hadir, panitia juga menyiapkan sejumlah hidangan makanan dan minuman secara gratis. "Ada wedangan gratis, hik (angkringan) gratis, wedang ronde gratis, dan wedang angsle," ujarnya. (ren)

Menhan Prabowo Subianto bertemu dengan eks PM Britania Raya Tony Blair.

Tony Blair Ucapkan Selamat ke Prabowo Usai Menang Pilpres: Fantastis!

Pertemuan Tony Blair dengan Prabowo dilakukan di kantor Kementerian Pertahanan, Jumat hari ini.

img_title
VIVA.co.id
19 April 2024