Inggris Bantu Jabar Kendalikan COVID-19 Lewat Analisis Data

Dubes Inggris untuk RI dan Timor Leste Owen Jenkins
Sumber :
  • VIVAnews/Dinia Adrianjara

VIVA – Jawa Barat termasuk provinsi yang tengah berjuang keras menekan tingkat penularan COVID-19 yang tinggi di Tanah Air. Itu sebabnya Inggris berkepentingan membantu Pemerintah Provinsi Jabar dalam mengendalikan wabah itu melalui pengembangan analisis data COVID-19 di wilayah berjuluk Bumi Parahyangan itu.

PM Singapura Lee Hsien Loong Mundur dari Jabatan, Ini Sosok Penggantinya

Hari ini, Duta Besar Kerajaan Inggris Raya untuk Indonesia dan Timor Leste, Owen Jenkins, meluncurkan proyek ini melalui acara virtual dengan Co-Team Leader LaporCovid-19, Irma Hidayana, dan Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil.

Kegiatan yang disepakati antara Kedutaan Besar Kerajaan Inggris Raya Jakarta, LaporCovid-19, dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat meliputi penelitian sosial dan epidemiologi tentang kondisi Covid-19 di Jawa Barat dan kolaborasi dalam survei sosial dan epidemiologi. Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, dan LaporCovid-19 telah sepakat untuk mengkanalkan crowd reporting (pelaporan urun daya) dari platform LaporCovid-19 kepada Satpol PP Jawa Barat via Pikobar (Pusat Informasi dan Koordinasi Covid-19 Jawa Barat), serta data statistik laporan terkait Covid-19 dari LaporCovid-19. 

Warga Kian Resah Dengan Maraknya Pelacuran di Jalanan Kota Ini

Pakar LaporCovid-19 akan mendukung Pemerintah Provinsi Jawa Barat dengan penelitian dan rekomendasi tentang kesiapsiagaan publik dalam menangani pandemi dan protokol “Normal Baru”.

Menurut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, terdapat sekitar 590.000 pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 di 18 kabupaten dan 9 kota di Jawa Barat, di mana 80% pelanggaran tersebut terjadi di Kabupaten Bandung. 

Serius Berpolitik, Verrell Bramasta Mau Belajar ke Inggris Dulu Sebelum Dilantik Jadi Anggota DPR

Pemerintah Provinsi Jawa Barat telah menyoroti pentingnya pemantauan keramaian dalam Adaptasi Kebiasaan Baru (AKB) dan meningkatkan pendidikan kesehatan masyarakat – semua yang akan dikembangkan oleh pendanaan Kerajaan Inggris Raya melalui LaporCovid-19.

“Mulai sekarang, laporan pelanggaran protokol kesehatan AKB/PSBB dari fitur LaporCovid-19 bisa diakses juga melalui Hotline (Chatbot) Pikobar. Laporan ini akan ditindaklanjuti oleh pihak yang berwenang sesuai peraturan yang berlaku. Warga Jawa Barat bisa memanfaatkan fitur ini dengan cara mengakses link berikut: s.id/ChatbotPikobar atau di nomer 0856-9739-1854 (WA)," kata Ridwan Kamil. 

Menurut Dubes Inggris, Owen Jenkins, proyek ini sejalan dengan tujuan pengumpulan data pemerintah Indonesia, dengan meningkatkan pelaporan dan integrasi data kasus di tingkat komunitas lokal. Selain itu, koordinasi yang erat antara warga dan pemerintah daerah sangat penting untuk menyampaikan temuan dan menghasilkan kebijakan-kebijakan berbasis data yang sesuai dengan kondisi di tiap-tiap daerah.
 
"Kami juga mengucapkan selamat atas prestasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat bersama Pikobar yang masuk ke dalam Top 21 Inovasi Pelayanan Publik Penanganan Covid-19 dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi dengan solusinya berupa sumber terbuka dan terintegrasi satu pintu. Pendekatan kolaborasi dan integrasi dalam melawan Covid-19 ini juga merupakan sesuatu yang kami dukung secara internasional, itulah sebabnya Kedutaan Besar Kerajaan Inggris Raya di Jakarta mendukung kolaborasi LaporCovid-19 dengan Pemerintah Provinsi Jawa Barat,” kata Jenkins seperti yang disiarkan Kedubes Inggris di Jakarta.
 
Sedangkan Co-Team Leader LaporCovid-19 Irma Hidayana mengapresiasi Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang telah membuka kesempatan untuk berkolaborasi. "Kami senang dapat bekerjasama dengan Provinsi Jawa Barat. Dengan LaporCovid-19 menerima dan mengumpulkan laporan dari warga tentang informasi terkait Covid-19, kami memperluas lagi kerjasama dengan Provinsi Jawa Barat," kata Irma.

Melalui kerjasama pengkanalan platform pelaporan warga LaporCovid-19 dengan sistem Pemerintah Provinsi Jawa Barat, mereka siap mendukung Pemerintah Provinsi untuk menegakkan penerapan protokol kesehatan Covid-19. "Platform pelaporan warga ini mempermudah warga Jawa Barat untuk melaporkan setiap pelanggaran protokol kesehatan Covid-19 yaitu melalui penerapan 3M (Mencuci Tangan, Memakai Masker, dan Menjaga Jarak)," lanjut Irma.

LaporCovid-19 dan Kedutaan Besar Kerajaan Inggris Raya Jakarta telah merancang proyek bersama dengan total senilai £56.178 (Rp 987 juta) untuk meningkatkan kemampuan platform tersebut di Indonesia. Proyek ini merupakan bagian dari Program Digital Access Kedutaan Besar Kerajaan Inggris Raya dan akan dilaksanakan bersama dengan Pemerintah Indonesia, di mana Jawa Barat menjadi salah satu wilayah prioritas. Pada 3 Juli lalu, proyek tersebut resmi diluncurkan di Jawa Timur dan pada 3 September di DKI Jakarta. Hari ini mereka meluncurkan proyek yang akan meningkatkan pengelolaan data Covid-19 di Jawa Barat.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya