Partai Ummat, Partai Baru Amien Rais

Pendiri PAN Amien Rais.
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan

VIVA – Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais akhirnya mengumumkan nama partai politik yang rencananya akan di-launching pada Desember 2020. Amien menyampaikan penjelasan nama parpol barunya ini dalam akun YouTube Amien Rais Official.

Video Detik-detik Amien Rais Bertemu Prabowo, Rela Serobot hingga Cegat Demi Bisa Salaman

Tokoh reformasi itu menyebut nama partai yang didirikannya bernama Partai Ummat. Saat mukadimah pengumuman Partai Ummat, Amien menyampaikan, kitab suci Alquran mendorong umat beriman agar mengarungi kehidupan di dunia senantiasa melaksanakan dua perintah Allah SWT secara serentak.

"Pertama, melakukan al amru bil-ma'ruf dan an nahyu 'anil munkar yakni memerintahkan tegaknya kebajikan dan memberantas keburukan. Kedua menjalankan al amru bil 'adli dan an-nahyu 'anidzulmi yakni menegakkan keadilan dan memberantas kezaliman," ujar Amien, dalam video tersebut yang dikutip VIVA, Kamis 1 Oktober 2020.

Dampingi Anies Kampanye di Sumbar, Caleg Partai Ummat Kini Membelot Dukung Prabowo-Gibran

Baca Juga: Magnet Amien Rais Luntur, Nasibnya di PAN Tidak Pasti

Menurut Amien, untuk yang pertama menyangkut urusan mikro. Namun, yang kedua terkait keadilan dan kezaliman maka berurusan dengan kekuasaan.

Menteri Era SBY Ajak Relawan Anies Arahkan Anaknya Awasi TPS demi Cegah Manipulasi

"Bila yang pertama bergerak lebih pada tatanan personal familiar dan komunal level mikro, maka yang kedua lebih pada tataran nasional level makro dan berkaitan erat dengan masalah kekuasaan," lanjut eks ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) itu.

Amien mengatakan, sejarah umat manusia menunjukkan hanya negara yang mampu melakukan kezaliman kolosal. Begitu juga sebaliknya, hanya negara yang dapat menegakkan keadilan secara merata.

"Namun hanya negara pula yang dapat menegakkan keadilan bagi semua rakyatnya semua tergantung pada pemerintah yang sedang berkuasa," kata Amien.

Amien mengatakan, sebuah negara jika tak lagi membela kepentingan rakyat, tapi memprioritaskan kepentingan konglomerat, maka rakyat harus berikhtiar. Kata dia, umat manusia, harus berikhtiar untuk menegakkan keadilan sekaligus melawan kezaliman secara sistematis lewat perjuangan politik.

"Partai Ummat, insha Allah bertekad akan bekerja dan berjuang bersama anak bangsa lainnya melawan kezaliman dan menegakkan keadilan. Partai Ummat akan bekerja dan berjuang memegang teguh Pancasila, UUD 1945 dan semua aturan demokrasi universal," ujar Amien.

Partai Umat ini, merupakan salah satu cara Amien berikhtiar menciptakan pemerintahan yang adil dan tidak zalim. 

"Akhirnya iyyaka na'budu wa iyyaka nasta'in hanya kepada Allah kami menyembah dan hanya kepada-Nya pula kami memohon pertolongan. Allahu Akbar. Merdeka," ujar Amien.

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya