Jokowi Kunjungan Kerja ke NTT, Cek Infrastruktur di Labuan Bajo

Presiden Jokowi di Proyek Pembangunan Terminal Multipurpose Labuan Bajo Nusa Tenggara Timur.
Sumber :
  • Agus Suparto/ Fotografer Presiden

VIVA – Presiden Jokowi hari ini meninjau sejumlah prasarana pendukung infrastruktur di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur. Menurut Jokowi, pembangunan sejumlah sarana pendukung di area wisata itu terus akan dibangun.

Bocoran Hasil Pertemuan Jokowi dengan Prabowo-Gibran di Istana

Setidaknya Jokowi menyebut sejumlah penataan ada di Goa Batu Cermin dan Puncak Waringin. Keduanya merupakan destinasi wisata para turis, selain pantai dan penginapan.

"Tapi terus akan dalam proses. Kemudian juga penataan kawasan di Puncak Waringin yang nanti di situ akan dipakai untuk men-display handicraft, produk-produk yang ada di Nusa Tenggara Timur. Terutama tenun dan lain-lainnya, ukir-ukir dan lain-lainya," kata Jokowi saat meninjau lokasi pengerjaan penataan wisata di Labuan Bajo, Manggarai Barat, NTT, Kamis 1 Oktober 2020.

Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Temui Presiden Jokowi di Istana

Baca juga: Debat Perdana Pilpres AS Kacau, Komisi Penyelenggara Ganti Aturan

Hal lain yang akan diperbaiki juga adalah pelabuhan. Menurut Jokowi, pelabuhan yang lama perlu dirombak total. Kepala Negara sendiri menargetkan pengerjaan proyek revitalisasi pelabuhan selesai di akhir tahun 2021. Pelabuhan Labuan Bajo sendiri nantinya benar-benar dikhususkan untuk pariwisata.

Kata Istana soal Kabar Jokowi Bakal Anugerahkan Satyalencana ke Gibran dan Bobby

"Pelabuhannya kita pindah ke Pelabuhan (logistik-bongkar muat) yang baru di Wae Kelambu. Dan kita harapkan, tahapan yang pertama akan selesai di akhir tahun 2020," kata dia.

Menurut Jokowi, hal-hal lain yang diperbaiki seperti destinasi wisata di Pulau Rinca. Dengan wisata alam di sana, destinasi yang menonjol di sana adalah melihat kadal raksasa, Komodo.

Jokowi sendiri menyadari, Labuan Bajo adalah destinasi wisata dengan para pendatang dengan kocek tebal. Harapannya ke depannya terus bisa berkembang dan menarik para pelancong untuk datang.

"Sehingga kelihatan sangat sekali natural, siapa pun yang berkunjung. Dan ini kawasan Labuan Bajo menjadi sebuah kawasan yang betul - betul memang premium," kata Jokowi. 

Agenda Lengkap Jokowi di NTT

Presiden Jokowi bertolak menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur dalam rangka kunjungan kerja pada Kamis pagi, 1 Oktober 2020 sekitar pukul 09.15 WIB. Kepala Negara bersama rombongan terbatas, lepas landas menuju Kabupaten Manggarai Barat dengan Pesawat Kepresidenan Indonesia-1 melalui Pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma.

Setibanya di Bandar Udara Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Jokowi direncanakan menuju Kampung Ujung dan kawasan Batu Cermin untuk melakukan peninjauan. Dari Bandara ke lokasi Kampung Ujung memakan waktu dua jam perjalanan.

Kunjungan Jokowi ini ke lokasi pembangunan infrastruktur sempat dilakukan dari Jakarta-atau Istana Kepresidenan, karena pada acara peresmian tol sebelumnya digelar secara virtual.

Selepas itu, Jokowi meninjau kelanjutan proyek pembangunan terminal multifungsi di Labuan Bajo. Terminal tersebut sebelumnya pernah ditinjau oleh Jokowi, pada 20 Januari 2020 lalu.

Pulau Kanawa Labuan Bajo

Di tempat yang sama, Presiden Jokowi juga direncanakan untuk memberikan bantuan modal kerja kepada para pelaku usaha mikro dan kecil. Tak lama dia di sana. Setelah acara penyerahan bantuan modal kerja, Presiden dan rombongan menuju Bandara Komodo lagi untuk kembali ke Jakarta.

Sekadar diketahui, turut serta menuju Provinsi Nusa Tenggara Timur di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung, Kepala Sekretariat Presiden Heru Budi Hartono, Sekretaris Militer Presiden Mayjen TNI Suharyanto, Komandan Paspampres Mayjen TNI Maruli Simanjuntak, dan Staf Khusus Presiden Ari Dwipayana. (ren)

Halaman Selanjutnya
Halaman Selanjutnya