Pasien Sembuh di RS Darurat Wisma Atlet Capai 75 Persen

Petugas memeriksa berkas pasien COVID-19 saat tiba RS Darurat Wisma Atlet
Petugas memeriksa berkas pasien COVID-19 saat tiba RS Darurat Wisma Atlet
Sumber :
  • ANTARA FOTO/Galih Pradipta

VIVA – Jumlah pasien sembuh dari COVID-19 yang dirawat di Rumah Sakit Darurat Wisma Atlet, meningkat hingga 75 persen. Hal ini diungkapkan Koordinator Operasional RS Darurat COVID-19, Kolonel dr. Stephanus Dony.

Tidak hanya pasien yang sembuh meningkat, tapi dia mengaku pasien yang dirawat dalam sepekan ini juga mengalami penurunan.

"Untuk pasien kita tahu memang sekarang update untuk pasien yang dirawat ada 2.370 orang. Ini memang kalau dilihat dari mulai satu minggu sudah mulai turun, walau tidak signifikan," kata Dony dalam diskusi virtual di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kamis 1 Oktober 2020.

Baca juga: Update Corona Nasional 1 Oktober 2020: Pasien Sembuh Tambah 3.540

Dony mengungkapkan, secara kumulatif pasien yang dirawat di Wisma Atlet sekitar 13 ribu orang dan yang sudah sembuh mencapai 10 ribu lebih atau kesembuhan persentasenya di atas 70 persen. Artinya setelah dilakukan perekapan jika dibandingkan pekan lalu, pasien yang sembuh di Wisma Atlet hampir mencapai 75 persen.

Menurut dia, selain dipengaruhi oleh pola terapi yang diberikan, hasil ini juga dipengaruhi dari hasil laboratorium PCR. Semakin cepat hasil bisa dikeluarkan, maka hal ini juga akan memengaruhi angka kesembuhan pasien.

"Kita di Wisma Atlet ada dua alat PCR, kita tahu tiap mereka akan berbeda tapi di tempat kita hanya butuh waktu lima jam. Artinya kalau swab hari ini malam hari, besoknya sudah ada data tinggal kita lengkapi prosedur untuk pulang. Jadi maksimal satu hari sudah selesai," ujarnya. (art)